AdSense Page Ads

Wednesday, January 19, 2011

How to be an Angel

Sebenernya saya juga ga tau gimana caranya.

(Post ini dibuka dengan buruk ya... hehehehehe)

Saya kepikiran aja sama topik ini setelah dapat SMS soal per-angel-an dari temen saya. Dia merasa terbantu oleh best friend nya and call her an angel. Saya juga sering banget manggil orang-orang yang bantuin saya "Angel". Nah, jadi kapan seseorang dianggap "angel" dan kapan nggak?

Buat saya, seseorang yang membantu saya itu sudah pasti "Angel". Bukan berarti dia sepenuhnya suci, bersih, dan sebagainya lho. Seorang teman yang membantu memberikan job saat saya lagi ga punya duit buat saya Angel, walaupun (konon cerita) dia dianggap jelek oleh sekelilingnya. Sebaliknya, seseorang yang hapal mampus kitab suci tapi tega ngeliat perempuan ngangkat-ngangkat kursi etc untuk kegiatan kampus tanpa ngebantuin jelas bukan "Angel" buat saya. Kayanya perbedaannya jelas ya?

What's so special with helping other? Apa sih yang spesial banget tentang ngebantuin orang lain? Easy, kita selalu punya pilihan untuk ngebantuin (atau ga ngebantuin) orang lain. Ini konsekuensi logis Manusia sebagai mahluk sosial. Saya ga terlalu ketat soal agama (baca: ga terlalu waro/peduli bahkan), tapi saya sepenuhnya percaya Tuhan, dan saya percaya manusia adalah anak Tuhan, ada bagian dari Tuhan dalam diri kita. Saat kita memutuskan menolong orang lain, itu Tuhan yang menolong, atau lebih tepatnya manusia sebagai Angel/Malaikat/utusanNya :)

Jangan ngebayangin harus seperti para orang suci/santo yang berkorban, rela mati demi sesuatu. Menolong orang itu mudah kok. Mulai dari ngasi kursi di bus, bantuin ibu-ibu naikin barangnya di angkot, hal-hal kecil aja sih sebenernya. Makanya saya suka banget di Jakarta, banyak kesempatan bisa nolongin orang.

Buat saya ini bukan masalah ntar dapat pahala atau gimana, like I said, saya juga ga terlalu percaya Surga-Neraka. Klo kata orang bule: what goes around comes around, apa yang ditabur itu yang dituai. Saya asik-asik aja ngasi kursi di Bus buat ibu-ibu tua/hamil karena saya berharap saat mama saya di posisi ibu2 itu, akan ada yang ngasi kursi ke beliau. Saya asik-asik aja ngebantu ngedorong gerobak sampah pemulung yang nyangkut karena toh ga nyusahin saya. Apa yang bisa saya lakukan untuk orang lain, selama ga nyusahin saya dan orang-orang sekitar saya, biasanya sih saya lakuin. Tapi ya itu tadi, selama ga ngerugiin saya dan orang-orang sekitar saya. Bodoh namanya menolong orang tapi sengsara sendiri. Jangan egois lah, kesian kan orang2 yang sayang kita.

Emang ga selalu lancar. Kadang saya juga bertanya-tanya, apakah iya ada faedahnya saya berusaha nolong orang, bikin mereka tersenyum? Sering banget orang menganggap saya punya motif-motif tersendiri dengan ngebantu mereka, ada juga yang berterimakasih dengan basa-basi alias ga niat, lebih sering lagi orang ga menganggap saya udah ngebantu mereka. Tapi once in a while ada yang bener-bener menyatakan dengan penuh niat bahwa mereka berterimakasih atas bantuan saya. And you know what, it makes life worth living once again. Hidup saya jadi berarti lagi.

Apakah saya Angel? You decide. Saya ga terlalu peduli juga sih apakah saya angel atau bukan. Saya cuma berusaha nunjukin ga susah jadi orang baik. Ga susah jadi Angel.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog