AdSense Page Ads

Thursday, July 21, 2011

The Power of Nice



Kata siapa jadi orang baik itu rugi?
Linda Kaplan Thaler dan Robin Koval menulis buku yang berjudul The Power of Nice. Intinya mereka menjelaskan (dan memotivasi) bahwa bersikap baik/nice itu justru membantu di dunia bisnis. Dimanapun sih sebenarnya. Baca salah satu cerita mereka disini. Anda akan terkejut.

Sebelum anda mencibir, saya cuma ingin bilang bahwa teori mereka itu benar lho, being nice helps a lot. Saya lebih mudah mendapat apa yang saya mau bila saya bilang baik-baik, dan saya (hampir) selalu lolos dari situasi tidak enak dengan bersikap baik. Di bidang kerja saya merasakan sendiri:

1. bersikap baik meningkatkan kepuasan klien saya (saat ini skor saya hampir 1:1, berarti dari 2 klien yang saya pegang setidaknya salah satu dari mereka merasa amat-sangat puas dengan servis kami, ini belum termasuk klien yang puas tetapi tidak menyatakan ke kami secara eksplisit)
2. bersikap baik mengurangi angka komplain/masalah secara drastis (sepanjang saya bekerja disini jumlah klien saya yang bermasalah bisa dihitung dengan sebelah tangan)
3. bersikap baik membuat saya bahagia dengan pekerjaan saya, amat bahagia. Dan orang yang bahagia mendapatkan hasil yang lebih baik dalam apapun ;)

Yeah, amat mudah untuk bersikap cuek atau bahkan kasar pada orang, dan toh tidak ada undang-undang yang melarang anda melakukan itu. Tapi anda akan dapat jauh lebih banyak, jauh jauh lebih banyak dengan bersikap baik. Percaya deh, being nice helps. A lot.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog