AdSense Page Ads

Friday, May 18, 2012

Setara: Sebuah Imaji

Negara bagian Kansas di Amerika mengesahkan undang-undang yang memperbolehkan dokter dan apoteker menolak memberikan KB/birth control. Lady GaGa ditolak masuk di Indonesia karena terlalu provokatif. Wanita (dimanapun) yang mengaku sexually active dianggap rendah.

Sekian ribu tahun peradaban dan wanita semakin dianggap rendah. Mari kita luruskan, kalau wanita sedemikian rendahnya lalu posisi pria dimana? Wanita provokatif itu jelek, toh anggota DPR kita sibuk menonton bokep saat sidang. Wanita yang hamil diluar nikah itu jalang, tapi apa bisa dia hamil tanpa "bantuan" pria. Wanita yang sexually active itu rusak, tapi berapa banyak pria yang bilang "Stop!" dan justru tidak memanfaatkan kesempatan.

Bila ingin wanita di dunia menjadi lebih baik, maka para pria harus menjadi lebih baik juga. Kehamilan bisa dicegah bila pria bertanggung jawab, hubungan sex pun bisa dicegah bila pria mampu mengontrol dirinya sendiri, termasuk untuk ke-provokatifan. Saya bukan benci pria, saya cuma benci wanita terus disalahkan untuk hal-hal yang sebenarnya tanggung jawab kedua belah pihak: pria dan wanita.

Sudah saatnya prinsip kesetaraan yang digembor-gemborkan itu diwujudkan, bahwa wanita setara pria, dan pria setara wanita. Dalam hal baik maupun hal buruk, pria dan wanita setara dan memikul tanggung jawab yang sama. Sudah saatnya kita beranjak modern.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog