AdSense Page Ads

Monday, March 6, 2017

Halo Selingkuhan Suami Saya

Editor's note:  People have been asking for a proper English translation of this post, so we now have one available.  Click here to view it.


Halo Mbak yang memacari suami saya. Nggak risih gitu Mbak?

Santai Mbak, saya nggak berusaha nge-judge Mbak kok, apalagi merebut kembali mantan suami saya. Dia boleh buat Mbak kok, saya rela. Saya menulis ini buat Mbak-mbak yang lain yang sedang atau berpikiran untuk memacari pasangan orang. Selingkuh itu mahal lho.

Buat saya yang diselingkuhi, kisah asmara kalian membuat saya rugi:
-1588 hari bersamanya. Ini jumlah hari saya bersama mantan suami, dari kami pertama bertemu sampai saat saya pergi dari rumah
-216 weekend bersama anak-anaknya. Ini kurang lebih jumlah weekend plus hari libur yang kami habiskan bersama anak-anaknya.
-5 hari ulang tahun, 4 hari natal, 5 hari Ayah, 3 Thanksgiving.
-Sekian banyak mainan, buku cerita, baju, tiket nonton/game, bentuk-bentuk hadiah atau hiburan lainnya untuk dia dan anak-anaknya.
-Sekian banyak amarah, kesedihan, frustasi, tangisan yang saya alami, serta yang dia alami dan berusaha saya bantu tanggung
-Karir saya, karena saya berhenti kerja demi persiapan pindah untuk bersamanya
-Keluarga dan teman-teman saya, yang juga harus saya tinggalkan
-Umur saya, yang jelas nggak bertambah muda

Pasangan saya adalah investasi saya untuk masa depan yang saya rawat dengan baik dan benar, dan Mbak dengan sukses menjebolnya. Bangga Mbak?

Iya, Mbak tahunya dari mantan suami saya bahwa saya tidak cinta lagi sama dia, bahwa hubungan kami sudah tidak terselamatkan, bahwa kami akan bercerai. Mbak jelas nggak tahu kalau:
-Saat kalian bertemu saya yang membelikan tiket pergi ke kota Mbak, karena saya takut dia sebagai orang asing ditipu di negara orang
-Saya sibuk dag dig dug berharap dia baik-baik saja karena jarang dengar kabar dari dia saat seminggu dia di kota Mbak, alasannya sih ga dapat sinyal
-Keluarga saya yang walaupun nggak mengerti kenapa dia pulang kampung tanpa saya tetap menyambutnya dengan hangat
-Saya mengirimkan bunga ke makam ibunya untuk Hari Ibu plus bunga untuk ibu-ibu anak-anaknya, saat dia asyik masyuk dengan Mbak di negara asal saya
-Sebelum dia pergi untuk liburan (baca: selingkuh) dan sampai saya minta cerai, saya masih tinggal serumah dengannya, masih menjalankan hubungan suami istri normal; walaupun dia bilang ke Mbak saya hanya datang untuk minta ‘jatah’.
-Setelah kalian ‘berteman’ di Facebook (yang saya nggak tahu), saya masih: membawa dia kencan ke resto cihui untuk merayakan hari jadi kami, menyiapkan kukis ulang tahun untuknya, sampai membelikan hadiah Hari Ayah untuk dia dan anaknya plus dinner seru lengkap dengan penari Samba. Yang Hari Ayah ekstra spesial karena 3 hari sebelumnya saya menemukan bukti perselingkuhan kalian.

Kebayang nggak Mbak jadi saya? Kebayang nggak saya menemukan “Baby I miss you” di Facebook dia? Kebayang nggak saya membaca “I love your son” dari Mbak? Saya lho Mbak yang disitu bersama dia, yang mengeloni anak-anaknya, dan Mbak nggak ada angin nggak hujan bisa dengan entengnya bilang ‘Love your son’? Kebayang nggak saya yang mati-matian minta dia melepas Mbak, berusaha mengingatkan soal anak-anaknya? Kebayang nggak anak-anaknya yang bingung karena ibu tirinya mendadak hilang, dan tiba-tiba ada yang baru dijejalkan ke mereka? Ini hasil selingkuhan Mbak. Ini keluarga yang hancur karena pilihan Mbak. Puas, Mbak?

Iya sih setelahnya Mbak minta maaf ke saya, tapi kok Mbak nggak mikir sih saat Mbak belum ketahuan? Buat apa sih memangnya, Mbak? Nggak malu gitu? Jangan pakai alasan Mbak masih kecil, Mbak ditipu mantan suami saya dan sebagainya. Sebagai penulis tulisan saya bisa dibaca publik, Mbak bahkan nggak perlu repot stalking saya untuk tahu siapa saya. Kalaupun nggak ada info tentang saya, Mbak bisa dong berpikir dari pihak perempuan, bagaimana rasanya kalau terjadi pada Mbak. Bedanya saya dengan Mbak adalah, saat ketahuan Mbak berujar: “Kenapa dia bisa tahu tentang saya?”, kalau saya akan berujar: “Kok dia bisa baru tahu tentang saya?”. Ketahuan kan mana yang lebih superior?

Dan ini adalah sesuatu yang akan dibawa sampai seterusnya lho Mbak: cap perusak rumah tangga orang, cap perempuan rendahan. Orang-orang yang tahu cerita aslinya akan melihat Mbak dengan rendah, dan ini termasuk keluarga dan teman dekatnya. Yang nggak tahu tapi kepo dan berhasil menemukan blog saya bisa membaca artikel-artikel mengenai perceraian saya yang saya tulis sebagai bentuk terapi. Dan seringkali ya Mbak, nggak penting siapa yang benar, yang penting siapa yang berbuat skandal. Walau Mbak selingkuh atas nama cinta, tetap saja selingkuh dan lidah akan bergoyang. Nggak selingkuh pun kita wanita perlu menjadi benar-benar super untuk mengalahkan bayangan si mantan pacar/istri, apalagi selingkuh.

Buat [para] Mbak yang sudah terlanjur didalamnya, tulisan ini mungkin percuma. Tapi buat Mbak-mbak yang lain yang berniat, dipikir lagi deh. Apa iya menghancurkan perasaan wanita lain (dan sebuah keluarga) itu seharga cinta yang akan anda dapatkan? Apa iya rasa malu dan hinaan orang lain seharga cinta tersebut? Kalau benar cinta kan nggak kemana, dan bisa menunggu sampai si dia benar-benar single (putus/cerai dari pasangannya). Apalagi yang pasangannya track recordnya doyan selingkuh. Rugi kan, sudah dosa karena berbohong dan melukai perasaan orang lain, seumur hidup dicap perempuan nggak benar, eh hubungannya nggak bertahan juga. Menuntut kepastian demi harga diri kalian itu jauh lebih baik lho, Mbak-mbak sekalian.

Kata orang urusan begini jangan diumbar, tapi buat saya ini penting. Biasanya kita hanya tahu “Si A dan Si B bercerai karena si A selingkuh,” tapi tidak ada yang tahu detail yang terjadi saat itu. Ini yang sebenarnya terjadi saat anda memutuskan berselingkuh. Akan ada orang-orang yang hanya membaca berita ini sebagai skandal sensasional, tapi akan ada, dan ini target saya sebenarnya, orang-orang yang membaca ini dan bisa mengerti mengapa selingkuh itu salah. Orang-orang ini akan mengedepankan harga diri mereka dan bilang ‘tidak’ pada tawaran selingkuh, baik pria maupun wanita, dan akan mengingatkan anak-anak mereka untuk tidak berselingkuh, terutama anak gadis. Kenapa? Karena kita perempuan yang paling terlihat jelek saat berselingkuh.

Balik lagi ke Mbak tersayang, selamat dan semoga hidup Mbak bahagia. Terlepas dari semua kepahitan saya, saya membuang seorang suami yang tidak setia dan hidup single dengan ceria. Walau di negara orang, saya mampu mencapai kebebasan finansial (baca: hidup kere tapi asyik) sambil menikmati lirikan-lirikan dari para pria tampan disini. Bisa kok meraih kebahagiaan tanpa bantuan orang lain, dan jelas tanpa merebut kebahagiaan orang lain. Sukses ya Mbak, perjuanganmu masih panjang dan berat. Berjuanglah!!

*Update*
Saat ini (6 am Mar 7 2017 LA time) artikel ini sudah hampir 21k dibaca. Whoaaaa!!! Terima kasih banyak atas semua dukungannya!!!! Kalau boleh aku mau nambahin:
1) Artikel ini bukan untuk 'menyerang' si Mbak, tapi untuk memberitahu dan menguatkan para pembaca diluar sana. Jadi nggak usah penasaran kayak gimana sih mantan suami dan si mbak hihihi. Kalau tujuan saya jahat saya kasi semua link sosmednya dari awal ;)
2) Saya juga ga ngulik 'Kenapa' atau alasan mereka, karena tiap orang punya alasan masing-masing dan karena kita nggak di posisi mereka kita nggak bisa ngejudge. Jadi please jangan ngejudge :* .
3) In fairness, si Mbak ini sudah minta maaf dan menawarkan mundur, tapi saat itu saya sudah babak belur dan ga bisa lagi (secara nurani) untuk menerima suami saya kembali. Saya tetap menghargai usaha dia untuk memperbaikinya :)

Jadiiii.... Mari kita perlakukan tulisan ini sebagai mana tujuan aslinya: untuk menginfokan dan menguatkan. Nggak usah bawa-bawa yang lain oceee. Love you all!

1,375 comments:

  1. Hello fighter!
    Gue boleh panggil lo fighter ya, karena sedikit dari tulisan lo gue tarik kesimpulan lo udah bertahan dari serangan-serangan yang ngga bisa gampang sembuh seperti luka di kulit.
    Mungkin cerita kita beda, dan cerita gue masih payah dibandingin lo yang udah nikah. Tapi kurang lebih cerita lo ini yang gue takutin untuk lanjut kedepan bersama pasangan gue sekarang ini. Takut hal yang sama terjadi kembali.
    Mungkin kita memang ditakdirkan untuk dapet sosok yang jauh lebih baik dan bisa menghargai kita. Wish you good luck, fighter!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu... hi there..

      Sangat suka dengan tulisan ini cause i've been in the same position myself. I wish you the best of luck and better love coming your way. Gue sangat paham mengambil keputusan cerai itu pasti susah tapi kalau memang sudah tidak bisa di pertahankan dan hanya menyakitkan, pasti tuhan punya rencana. So good luck and am not worried about you not finding happiness, am more worried about you living in Trump's america πŸ˜‚ But kudos for you sister and live long and prosper 😘

      Delete
  2. Been there. Love u sis!!

    ReplyDelete
  3. Aku pernah banget ni mbakkk mau di jadiin istri ke 2.. (sama mantan pacar sendiri)
    Puji Tuhan akal sehat ku masih bekerja dengan baik.. walaupun sejujurnya saya masi sayang bangettt sama mantan saya inii.. tapi saya menolak janji mercy, apartment mewah, uang jajan diatas 50jt per bulan, dan "katanya" cinta..
    Saya merasa harga diri saya jauh lebih tinggi daripada itu semua.. its priceless..
    Ga adaa lahh selingkuh atas nama cinta.. saya sayang kokk sama laki2 itu.. tp saya cukup kuat utk menahan godaan utk jd selingkuhan..

    Good luck for u mbak.. smoga bahagia selalu.. karma baik menyertaimu mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat kamu mbak πŸ‘πŸΌ

      Delete
    2. histroy saya maybe lebih dalem dikit sis..kalo saya di makan sama temen yg uda saya anggep sodara yg susahnya saya bantu trus dengan polosnya dia masuk di kehidupan kami dulu..sampai akhirnya rebut semua yg saya punya...dan pesan saya ke kamu my sis..keep spirit yaa...

      Delete
  4. You go girl(Mba)!! 😎πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    Mba..kita buat komunitas aja yuk.. hehe.. biar wanita2 diluar sana yg ngalamin hal ini (trmsk saya) bisa lbh tegar dan bs ngajarin wanita2 hidung belang itu 😁😁

    ReplyDelete
  5. Buang kepahitanmu...dan jalani semua dengan legowo.
    Kita tidak pernah tau apa yg Tuhan mau dalam hidup kita, tapi pasti semua yg terbaik buat kita.
    Semua akan indah pada waktu yang tepat. Tetap tersenyum dan semangat menjalani semua. Satu hal yang kita harus tau Tuhan itu baik.

    ReplyDelete
  6. "orang orang yang memiliki prinsip dan tak tergoda selingkuh dengan dalih apapun"

    Semoga banyak yg membaca dan tercerahkan untuk tidak selingkuh krn akan menyakiti hati sesama perempuan

    Tetap kuat dan Tuhan berkati mbak :)

    ReplyDelete
  7. Cerita saya mungkin sedikit berbeda dengan ibu penulis
    Sudut pandangnya pun berbeda
    Saya melihat sebagai anak yang ayahnya selingkuh sedangkan ibu bertahan demi anak (saya)
    But better divorce
    Saya melihat ibu tersiksa itu sedih banget.
    Melihat ayah selingkuh itu sakit hati
    Jadi salam buat para pembaca disini
    Jika suami anda berselingkuh
    Jangan bertahan dengan alasan anak
    Kami lebih bahagia kalo ibu bahagia (dan saya yakin ayah bahagia dimanapun kamu berada)
    Saya sangat mengapreasiasi keputusan ibu penulis untuk move on! U go girl!
    Salam juga buat Mbak yang menjadi ke 3 atau ke 4 dan ke sekiannya kehidupan orang lain
    Anaknya juga ikut sedih loh, coba dipikirin perasaan anak2 nya
    Bisa jadi trauma atau malah terpengaruh kehidupannya ke arah yg kurang baik

    Nothing good happens when u are cheating!

    ReplyDelete
    Replies
    1. I am speecless kid reading your comment... I hope u'll be a very good people...God bless u

      Delete
    2. Hai mbak.
      Saya setuju jangan bertahan demi anak. Tapi saya sangat menyarankan untuk bertahan demi janji pernikahan yg sudah d ucapkan.
      Saya pernah, suami selingkuh dgn rekan sekerja hanya bbrp bulan stelah pernikahan kami dan berlangsung hingga 2 tahunan. Saya tau itu ketika baru 1 minggu lahiran anak kdua sy.
      Sy wanita mandiri yg harusnya pisah pun ga akan mempengaruhi hidup sy, namun sy bertahan, bukan cm demi anak2.
      Tp demi pilihan sy menikah dgn dia, menanggung segalanya bersama.
      Sakit mmg. Perjalanan untuk bertahan itu sama skali ga mudah. Ada kali 3 tahun sy ga bs berperan sbagai istri dan slalu sakit hati.
      Namun tiap kali sy seperti itu sy ingat janji pernikahan sy.
      Puji Tuhan suami pun mau brubah. Kami pindah kota, resign dua2nya dan memulai hidup baru lagi.

      Berpisah boleh mbak, asalkan sudah di pikirkan baik2 atau mmg suami tak dpt d percaya lg.

      Ah hanya share yaaa.....

      Delete
    3. Aku jg ngalamin hal serupa. Jadi percuma aja ada ayah tapi tak berperan sebagai sosok ayah. Beliau hanya menjadi ayah untuk menuntaskan kewajibannya menafkahi anak-anaknya. Tapi, anak tak ingin harta beliau. Anak hanya ingin ada sosok ayah yang hangat dan menjadi pelindung anaknya. Jadi untuk saya, lebih baik berpisah daripada bersama tapi tetap menyakiti dan tak berubah

      Delete
    4. Menjadi wanita yang tangguh dan bermatabat walaupun menanggung rasa sakit yang sulit di sembuhkan...

      Delete
    5. Mungkin benar alasan bertahan demi anak (jika) anak2nya sudah dewasa mereka tak akan mau melihat ibu mereka menderita, tapi bagaimna jika anak2 yg masih kecil2..? Bahkan ada yg balita??

      Delete
    6. Huhuhu sedih bacanya, tp alasannya masuk akal.

      Delete
  8. This made my day. Finally merasa ada teman senasib. Menghargai keinginan mantan pasangan untuk berubah, but its doesnt means we have to stay. Bnyk yg bilang sy tdk fair memilih bercerai karena mantan suami sudah mau berubah, tapi bnyk yang gak sadar juga bhwa seberapa tidak fairnya mantan suami sudah menghancurkan harga diri, hati, dan kepercayaan yang sudah dibangun bertahun2 hanya untuk buang hajat syahwat sesaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah saya suka niih kata2 terakhirnya "seberapa tidak fairnya mantan suami sudah menghancurkan harga diri, hati, dan kepercayaan yang sudah dibangun bertahun2 hanya untuk buang hajat syahwat sesaat."

      Delete
  9. Anda luar biasa, salut saya.
    Yakinlah Tuhan akan memberi laki2 yg benar2 menyayangi anda dan anak2.. Tuk mereka yg menyakiti bakal dapat rasa sakit yg lebih lagi.
    Semangaatttt

    ReplyDelete
  10. Well, aku dijadiin selingkuhan sama mantan pacarku tanpa aku tau sama sekali. Pas kenal pertama kali, dia udh punya pacar, tp aku gak pernah tau atau dikasih tau. Dia nikah pun aku gak tau. Dia cerai dari istrinya jg aku gak tau sama sekali. Aku ngerasa kayak orang paling bodoh sedunia waktu itu.
    Somehow, aku ketemu foto wedding dia di dompetnya dan nomor mantan istrinya. Aku hubungin istrinya buat nyari tau fakta sebenarnya. Dari mantan istrinya inilah aku baru tau kalo aku udh dijadiin selingkuhan sama mantan pacarku. Aku ngerasa sediih dan marah banget sama mantanku. Aku putusin langsung. I felt so manipulated and cheated. I felt so so guilty.
    Habis itu aku hubungin mantan istrinya buat minta maaf, meskipun aku tau aku gak salah. But, out of my ignorance/stupidity I might have unintentionally caused hurt to her. I totally dismissed this man from my life.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga di luar sana masih banyak wanita2 yg punya prinsip sama seperti mbak

      Delete
    2. Semoga banyak perempuan di luar sana yg seperti ini. Tapi sayangnya, ada jg seorang wanita yg pacaran waktu sms lalu ketemu lagi lewat FB lalu diajak selingkuh langsung mau bahkan sampe hamil. Sementara si perempuan jg staus menikah sah dan punya 2 anak.. Well mau di kasih julukan apa buat perempuan seperti itu?? Perempuan Paling Bego Sedunia...(note : pendidikan S1 dua2nya)..

      Delete
  11. Terima kasih untuk menjadi peringatan bagi siapapun 😊😊😊

    ReplyDelete
  12. Buat para pria..
    3 godaan yang bisa menghancurkan hidupmu..

    Harta.. tahta... dan Wanita...

    ReplyDelete
  13. mba, aku kagum padamu. tetep kuat ya. pernah diselingkuhin waktu sama pacar, gak seberat mba yang sudah nikah. tapi bisa ngerasain dikit lah perasaan mba, itu aja rasanya sakit dan susah move on. dan mba, udah nikah bisa move on dan berpikir rasional. So,,,, you really a winner mba Ary! pria yang sudah selingkuh gak ada yang bisa dibanggain lagi, dia bisa ngulangin selingkuh lagi. selingkuh itu penyakit. semoga tambah bahagia ke depannya ya mba. salam

    ReplyDelete
  14. Strong Mama! Salam kenal ya πŸ˜„

    Peringatan yg super banget kalau jadi wanita sudah bersuami itu harus tetap kuat dan mandiri 😊

    Trima kasih atas pengalamannya ya, Mam!

    ReplyDelete
  15. Baru kemarin denger cerita dr temen soal masa kecilnya. Dimana dy liat ayahnya selingkuh, nikah lagi, dan kedua ortunya berantem aja kerjaannya. Sampai akhirnya dy trauma akan pernikah dan kemudian sekarang menjadi seorang pencinta sesama jenis.
    Jadi, buat para peselingkuh, tlng klo ga bs berkomitmen, jgn berkomitmen. Karna sekali kalian melanggarnya, banyak pihak yg menderita karena sebahagian sesaat itu.

    ReplyDelete
  16. Semangat terus ya sis. Been there too!

    ReplyDelete
  17. Sy juga pernah mengalaminya . Diselingkuhi saat sy mengandung anak pertama. Sy si "mbak" seperti yg anda sebutkan slalu menteror sy, mengatakan ini itu tentang suami sy, mencoba menyakiti batin sy. Tp di depan dia sy berusaha tegar agar tidak mempengaruhi janin sy. Sy malah mengatakan agar dia mmbujuk suami sy utk mnceraikan sy, tp setiap sy berusaha melawan dia, dia malah mengatakannya pd suami sy. Bukan hanya siksaan batin tp fisik juga walau dlm keadaan hamil. Tp sy msh mencoba menghormati dia dan kluarga. Sy tetap bertahan. Dan akhirnya anak lahir, hingga akhirnya saat sy bisa melakukan hub suami istri lg,suami sy mngajak sy.itu sebelum ktemu "mbak" itu. Sy slalu menjalankan tugas sbg istri, tp dia tidak sekalipun menjalankan tugas suami ataupun ayah utk anak sy. Saat anak sy liat sy disiksa, anak sy mnangis. Jgn salahkan anak sy yg mungkin sudah mngerti keadaan sy, dia tdk mau dkat dgn ayahnya. Tp ttp sy tdk pernah mengajarkan anak sy membenci ayahnya. Walau bgmn pun dia ttp ayahnya. Anak lah yg membuat sy bertahan. Sy gak mau anak sy rusak masa depannya karena kesalahan ortunya. Hingga akhirnya suami sy mengaku sudah pisah dgn si "mbak" itu. Tp si mbak itu ttp menteror sy bilang hamil anak suami sy. Sy ttp tersenyum walau sakit dan mengatakan pdnya, "ambil aja, gak masalah. Yg penting anakku ikut sama ibunya, lagian dr awal nikah sampai saat ini sy blm menerima nafkahnya sepeserpun. Bahkan sy yg ngasih dia makan. Dan apapun yg dia ksh ke kamu, sy gak yakin itu uangnya sendiri. Dan bahkan saat cerai, sudah ada yg siap mminang sy dan mnerima anak sy yg tentunya jauh lbh baik dr suami sy. Selamat kalo memang kenyataannya nanti kalian bersatu dan berjuanglah! " . Ntah bagaimana tiba2 suami sy memeluk sambil menangis di depan sy, mengatakan tdk ingin menceraikan sy, dan berjanji tdk mengulanginya. Sy akhirnya memaafkan karena demi anak sy. Sampai akhirnya sy punya anak kedua, hingga kini suami sy tidak pernah atau berusaha mencari pengganti mbak sebelumnya. Malah dia yg takut sy akan membalas sperti yg dia lakukan. Karena bagi dia sy sudah berubah total.terima Kasih anda membuat sy lbh bersemangat lg, yg awalnya sy kira bukan hanya sy yg mengalami ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita yg hampir sama mbak cantik. Diselingkuhin suami dan mengalami "kerusakan jiwa" yg luar biasa. Beberapa kali ingin bunuh diri aja. Tp akhirnya Tuhan membalikkan semua. Suami bertobat, dan kembali pd keluarga kami. Hingga dikaruniai anak kedua kami yg luar biasa. Jalannya mmg ga gampang, tp bisa. Asal suami mau "sembuh". Bahkan sampe skrg pun msh terus pemulihan. We are strong women. Ingin memberikan RESPECT sbesar2nya buat wanita2 yg diselingkuhi. Karma does exist, i believe God is not sleeping.

      Delete
    2. Cerita mba mirip dgn yg saya alami.. salut buat mb terus bisa bertahan.. saya jg terus belajar memaafkan menerimanya mendukungnya. Saya berusaha dl untuk berdamai dgn diri sendiri, belajar mendekap penderitaan dan rasa sakit sebagai guru suci yg terus menggali kesabaran saya..

      Delete
    3. Wanita itu sangat kuat yah saat tersakiti.. :)
      ternyata bukan sya saja yg mengalami hal serupa masih banyak yg lain dan kalian sangat kuat..
      Ibu yg hebat..:)

      Delete
  18. I'm so sorry to hear my dear! But you were really a good mother to his son and good wife to him. And i believe God has other plans for you. You're a damn good fighter. Someday if you have plan to go on holiday to Netherland do not hesitate to contact me :). God bless u lucky girl!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana caranya mbak bisa berubah dan suami yang jadi takut sama mbak?

      Delete
    2. Hi mbak. We're totally on the same destiny now. Saya juga baru mengetahui kalau suami saya berselingkuh dengan rekan kerja 2thn lalu. Saat itu dia mengaku sudah mengakhirinya. Namun ternyata setahun kemudian masih berlanjut. Dan lebih parahnya lagi suami saya mengaku kalau sebenarnya sudah 4thn dia berselingkuh dengan rekan kerjanya. Saya tau orgnya siapa. Tapi saya tidak akan menurunkan derajat saya untuk melabrak selingkuhannya. Orang tua suami sampai akhirnya tau dan sangat kecewa dgn perlakuan suami saya terhadap saya. Kalau mau ditanya sakit hatinya hanya Tuhan yang tau. Manusiawi saya sudah tidak bisa menerima suami saya. Kami punya seorang putri yang masih kecil. Dalam keadaan seperti ini hanya Tuhan tempat saya mengadu. Puji Tuhan saya kembali dikuatkan. Saya tetap menerima kembali suami saya. Dan hubungan kami makin dekat dengan Tuhan. Setiap hari pagi&malam kami akan baca alkitab bersama dan saling mendoakan. Dia berjanji dihadapan orang tuanya kalau hubunganya dgn selingkuhan itu semuanya sudah berakhirnya. Doa saya biarlah Tuhan yang punya cara untuk merubah suami saya. Percayalah Tuhan tidak akan tinggalkan wanita hebat seperti kalian.

      Delete
  19. Kalo udah ada komunitasnya, saya gabung dong.. Hehe..
    Salit banget sama mbak2 ini..
    Bener2 wanita HEBAT!!
    Puji Tuhan, RT saya jalan 5th dan adem2 aja.. Bnyak godaan dlm hidup saya, tapi saya selalu menepis. Saya doakan mbak2 yg terluka agar cepat pulih, tetap kuat dan semangat menjalani hidup. Yakinlah bahwa ada pelangi sehabis hujan.

    God bless us guys ��

    ReplyDelete
  20. Good ... Perselingkuhan emang wooww ruuuarrr biasa rasanya ... Dr nggak ngaku ... Ngaku ... Ampe di tinggalin gt aja... Harta abis.... Pdhal smua klg dah ditampung.... Ampe hampir gila .... Tp untungnya klg sll ada buat ngademin pikiran ... Akhirnya single mother .... Dgn pekerjaan yg dimulai dr nol ... Ketemu laki2 yang insyaallah tanggung jawab ampe akhir hayat ... Dan sekarang sy sudah bener2 jd orang lagi yg bs di bilang sukses. Dan luuuuuu si pepe dan meme gatel masih aje luuu jd budak nya org ... Hehehe .. curcol dikit y ...

    ReplyDelete
  21. Mbak sangat tegar cewek yg tegas, kl cerita ku bedah suami ku selingkuh tp malah selingkuhannya pura2 wechat saya blg bahwa suami ki selingkuh dgn cew kain terus firasat ku blg tu adalah selingkuhannya suami ku masih bilang gk mau kami cerai tp wechat saya bilang ini, bilang tu..rasanya benar sakit sampai skg suami ku tetap masih tidak mau ngaku dy selingkuh masih blg kenak org jebak padahal sich selingkuhannya ada kirim bukti mrk chat..

    ReplyDelete
  22. Wanita hebat...sukses selalu dalam segala hal mba. GBU

    ReplyDelete
  23. Semangatsss!!!! Merdeka!!!! πŸ˜€

    ReplyDelete
  24. Waww ... Keren nih !!!
    Been there ..

    ReplyDelete
  25. Welcome to the club sist :D I'm a single mom and I raised my son until he finished his university study and he's now working in his favourite fields, media. Now I'm single and happier person coz I can travel everywhere I want and everywhere I want to live I just without any hesitation. I can feel what you feel and only can say: you deserve to be happy in your own way. God bless you sist πŸ‘ƒ

    ReplyDelete
  26. Ngerasai banget mbak, dan aku brhasil di block sama tu perempuan krna berhasil dapat bukti bukti dia kegatelan sama mntan suami yang waktu itu masih saaah suami ku ������. Trus sekarang bebaaaasss bermesraan ria. Kayak gak ada lagi urat malu ya. Trus komen di poto anak kami 'hai anak cantik', dia pikir bisa jadi malaikat buat anak yang susah payah saya kandung, lahirkan dan rawat sampai detik ini gitu? Hahaha. Tukang selingkuh mah nanti bakal diselingkuhin juga kan ya mbak. Karma kan berlaku ��

    ReplyDelete
  27. Speechless 😭😒

    ReplyDelete
  28. Layak nya kembang api di taun baru......terbang....menyala.....redup dan hilang.........
    Sedang merasakan yg sama mba....

    Semangaaaaaatttt mba say.....xx

    ReplyDelete
  29. wanita luar biasa kamu mba,,, menyesal mantan suami mba melepaskan mba, demi selingkuhannya,, Allah sll ada dekat org2 yg kuat.

    ReplyDelete
  30. luar biasa km mba,. tidak semua wanita bisa setegar mba..

    ReplyDelete
  31. luar biasa km mba,. tidak semua wanita bisa setegar mba..

    ReplyDelete
  32. Gua cowo, gua punya istri yg gua sayang. Gua cuma mau mengapresiasi kedewasaan lo dan kekuatan lo menghadapi situasi dengan cara ini.

    RESPECT!!!

    ReplyDelete
  33. Ga ada satu alasan apapun untuk selingkuh.... semangat mba.. menata hidup yang baru yg lbh baik pastinya yah.. mungkin saya tipikal yg bertahan dr pacaran... tp Puji Tuhan.. alhamdulillah... saat pacaran saya bs membawa pacar saya yg skrg jd suami sy sudah ga pernah selingkuh... 2 th sblm nikah dia jujur sama saya semua wlpn hancur banget dengernya... rontok semua tulang.. sampai saat ini Puji Tuhan ga... semoga tidak lagi... Yuk buat siapa tau bisa sharing dan menguatkan...

    ReplyDelete
  34. Saya setuju. Hidup tanpa mantan yg suka selingkuh sangat sangat sangat enjoy. Saya sudah menjalaninya. Tak ada lagi sakit hati. 😊😊😊

    ReplyDelete
  35. Baru mulai masuk sidang cerai setelah 7thn suami selingkuh dgn perempuan yg berbeda. Dan skrg dia menggugat cerai saya krn merasa sudah menemukan soulmate nya yg mana masih istri org. Yes, there are stupid women out there yg tak mengerti apa makna cinta tapi teriak2 bilang cinta. Saya sih cukup 2 gadis kecil saya paham bahwa mama perlu bahagia dulu supaya bisa membentuk anak-anak yg bahagia. Getting there, being single is the happiest. Buat 'mbak' yg mengambil suami saya, terima kasih, sungguh terima kasih, karena akhirnya saya bisa bebas dr penyakit hati menahun & bisa hidup lebih bahagia bersama anak-anak saya.

    ReplyDelete
  36. Ayo mbaa bkin komunitas biar bisa menguatkan dan saling sharing
    😎😎😎

    ReplyDelete
  37. Saya jg mengalaminya 3tahun terakhir ini..si mba nya dekat dgn suami saya dan memukai kebohongan hebat bahwa dia hamil anak suami saya,melahirkan anak suami saya yg sebenernya itu adalah anak saudaranya,dan suami saya yg kena tela ditipu tiap bulan ngasih uang.selingkuhan menyuruh untuk suami dgn saya harus bercerai...sungguh otaknya otak hebat sekali keahlian berbuhongnya dan iblis hatinya yg menghancurkan keluarga saya.dan akhirnya terbongkar kalo smua yg dia bilang itu kebohongan besar,tp sudah terlambat suami saya kecolongan lg,si perempuan itu berbohong yg di dukung oleh sang ibu..sungguh amat luar biasa perempuan itu membuat skenario.saya masih berjuang smpai skrg untuk keutuhan rumah tangga saya dan kebahagiaan anak2..

    ReplyDelete
  38. Hii superwoman... Sy jg pernah mengalami hal yg sama.. Dan akhirnya sy pun bercerai.. Utk saat ini, sy lbh selektif klo ada laki2 yg mencoba mendekati sy, dan membangun sebuah hub. Jujur sy sgt trauma. Dan sy sgt benci perselingkuhan..krn buat sy pernikahan bukan sebuah permainan dlm hidup.. pada dasar nya, kodrat laki2 itu egois, dan wanita mengalah.. Tp yg sy tau, wanita itu lbh kuat dr laki2. So, we are superwoman.. Wlpn kt di sakitin, tp kt msh punya hati utk mengampuni meskipun kt sdh tdk bs menerima suami lg..

    ReplyDelete
  39. Ayah dr anak2 saya duku jg pernah selingkuh dengan teman sekantor saya yg jg sahabat baik saya, yg jg tenpat saya berkeluh kesah soal rumah tangga saya, yg jg sdh saya anggap spt kakak saya sendiri
    Saat itu sy tdk hanya sakit krn diselingkuhi tp yg lbh menyakitkan adalah dikhianati sahabat
    Semangat yaa mbak...

    ReplyDelete
  40. Some people are permanent residents in your life.. while others are just passing through. It's important to know the difference.

    Hi mba cantik, aku pun seperti dirimu bedanya aku menjalaninya selama 16 th pernikahan dan dikaruniai satu anak. Tapi ternyata itu semua jalan Tuhan Yesus buat aku mba. Aku jatuh dan bangkit kembali bersamaNya. Saat ini aku bahagia mba Tuhan sudah beri segala sesuatunya yang lebih baik, karena disaat aku disakiti aku dimintaNya untuk mengampuni dan saat aku lepaskan pengampunan pada mantan suami damai sukacita turun atas hidupku. Aku mau berdoa untuk mu mba cantik damai sukacita yang sama turun atasmu selalu sepanjang hidupmu..
    Tetap semangat berjalan bersama Tuhan.. Salam kasih Tuhan dari ku .. Immanuel

    ReplyDelete
  41. Sakit banget ya mbak rasanya.
    Tapi salut mbak berani ambil keputusan yang ga pernah bisa saya ambil.

    ReplyDelete
  42. Been there. I feel you

    ReplyDelete
  43. I knw wht u feel mba..keep strong n always be happy..!! ��

    ReplyDelete
  44. Salut mba bisa tegar dan kuat. Tetap semangat dan terus berjuang ya mba. Tuhan pasti punya rencana yang lebih baik lagi buat mba.

    ReplyDelete
  45. Ahh..mbak..kamu keren...aku baru aja divorced karna si mantan suami ktauan selingkuh juga..padahal ak baru nikah 1 thn, dia ga mau berubah dan ga mau lepasin selingkuhannya and selingkuhannya juga nempel terus..berjuang sendiri pertahanin tapi cape juga ya.. Akhirnya aku pilih untuk bahagia ..iya Bahagia.. Bahagia banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut kasih jempol aja ya bwt mba penulis
      Dan sy sudah buang laki2 ga berguna itu jauh2
      Dan semoga mereka hancur bersama
      Haahaahaa
      #tertawapuas

      Delete
    2. Ikut kasih jempol aja ya buat mbak penulis
      Karna sekarang saya sudah buang jauh2 laki2 ga berguna itu
      Semoga mereka hancur bersama
      Haahaahaa....

      Delete
  46. Masih banyak para "mbak" dluar sana yang mencoba menjebol suami orang, semoga para "mbak: segera sadar bahwa ada hati perempuan dan keluarga yang hancur, semangat selalu ya .

    ReplyDelete
  47. Sy share cerita sy ya mba.. sampai 2017 ini masa perkenalan, pacaran dan pernikahan saya 14 th. Sy diselingkuhi pada usia pernikahan ke3. Wanita yg menjadi selingkuhannya adalah seorang psk. Sehingga wanita itu tdk peduli kalau suami sy sdh beristri dan punya anak, yg penting suami sy bs bersama dgn dia. Hal yg menyakitkan saat itu :
    - suami sy bilang sdh tidak ad lg rasa sayang untuk saya
    - dia akan pisah dan menikah sm psk itu. Tp dia bingung gmn dgn anak kami.
    - psk itu org yg baik, dan dia bkn psk spt yg org bayangkan. Dia tipe yg bs mengurus anak2,bs masak, dan penurut. Intinya pujian2 sm psk itu
    - dia akan menjual rumah, sebagian untuk sy tinggal, dan ya mungkin sebagian utk hidup barunya
    - sy seringkali di bohongi.. sudah ga kehitung jumlahnya
    - dia sempat mengatakan mau meninggalkan psk dan kembali dgn sy demi anaknya, tp selama 2 th atau tepatny 9x dr janjinya untuk tidak selingkuh lg dia selalu ketauan boong dan berselingkuh lg. Itu krn psk nya mendukung tjd perselingkuhan, krn psk itu tdk peduli dgn perasaan sy dan tdk peduli suami sy beristri dan punya anak, dia rela dimadu ibaratnya
    - sy 4x kena penyakit kelamin, ya tentu ny dr psk itu
    - suami sy kena penyakit kelamin 5x
    - sy tau pose2 sex yg disukai suami dgn psk itu
    - dia tetap meminta sy melayani, bahkan seringkali dia minta sy melayani sblm berhub dgn psk itu agar nanti saat berhub dgn psk itu dia bs tahan lama.
    - suami sy seringggg sekali marah marah dan membentak sy tanpa alasan yg jelas. Sifat dan perangainya berubah total. Spt org senewen.

    Hal yg saya lakukan selama masa perselingkuhan :
    - mencari pemuka agama, krn kebetulan sy kristen jd sy ke bbrp pendeta, utk konsul pernikahan
    - mengikuti komunitas ibadah bersama mencari teman2 yg menguatkan sy yg pernah jg mengalami hal yg sama dgn sy namun rumah tangganya bs dpulihkan
    - ikut kelas atau seminar pemulihan pernikahan. Spt retret pernikahan
    - senantiasa berdoa minta kekuatan dan kesabaran
    - lebih mendekatkan diri sm yg di atas
    Bbrp hal peringatan atau teguran dr yg di atas utk suami sy:
    - suami sy bbrp kali kecelakaan lumayan besar, mobil sampai rusak parah tp tdk ad korban jiwa
    - anak sy masuk rmh sakit wkt dia lg pergi keluar kota sm psk itu shg dia lbh cpt pulang
    - terkena penyakit kelamin
    - uang habis2an
    Saya jg akhirnya mencari tahu alasan penyebab perselingkuhan :
    - dia ingin wanita yg penurut, mendengar semua katanya tanpa adanya bantahan. Sy berusaha lakukan walaupun kdg ga sesuai dgn pemikiran saya. Sy lakukan mjd istri yg tunduk dgn suami sy sepanjang tdj bertentangan dgn agama
    -dia mau sy berkata -kata dengan baik.
    Intinya saya belajar apa yg menjadi language of lovenya (bisa di google). Dia suka istri yg tunduk dan kata-kata yg baik..
    Kami terus berproses, walaupun seringkali mengalami masa putus asa, rasanya rumah tangga km sdh tdk bs diselamatkan. Krn dia terus2 masih berhubungan dgn wanita itu, walaupun sdh 3x ganti no hp. Rasanya dia sdh cinta mati dan ga bs lepaskan psk itu.. sepanjang masa 2 th an itu hati tersiksa dan sakit.. serigkali rasanya ingin mati.. saya terus berharap, berdoa dan bertahan. menurut saya Tuhan itu memang tdk diam,air mata seorang istri jg tdk sia sia dan ada pelangi sehabis hujan.
    Saat ini sdh 2 th selepas perselingkuhan terakhirnya. Keluarga kami terus dipulihkan. Sy memiliki anak k2. Suami sy terus dirubahkan ke arah yg lebih baik. Begitupun dgn sy. Sy jg belajar ke perubahan yg lbh baik, walaupun kita sbg wanita sering merasa kita yg dkhianati kenapa kita jg hrs berubah, seharusnya kan suami kita. Menurut sy setiap wanita jg hrs blajar berubah ke arah yg baik dan seturut kehendak suami.
    Notes : sy seorang ibu pekerja, uang sy jauh lbh dr cukup utk menghidupi anak sy jika sy berpisah, tp saat itu sy memilih bertahan.
    Untuk ibu2 yg mengalami hal yg sama tetap semangat dan terus berjuang..
    Carilah teman dan komunitas yg positif selama masa perjuangan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pglamanny ky yg aq alami.. RT ku ga trselamatkan..tggl mnunggu hari aq mnunggu sidang putusanku. Aq cm ibu rt tp aq beranikan ajukan gugat cerai. Anakku d telantarkanny, mdh2an aq dan anak bs lbih bahagia nantinya. Amin..

      Delete
  48. saya senasib dgn mbak. Hadirnya org ketiga dlm rmh tngga..smoga saya pun bisa menjadi single parent yg tangguh spt mbak..gbu

    ReplyDelete
  49. bagaimana cara melupakan babak belur itu mba,, karena kondisi saya bukan hanya babak belur tapi hancur krn selingkuh itu..
    bagaimana cara memaafkan krn rasanya sudah tidak ada lagi ruang maaf tersisa..
    hanya anak2 yg bisa buat saya tetap bertahan dalam sebuah buku cerita dengan judul sampul pernikahan..
    semoga Tuhan memberikan kita kesabaran dan rejeki yg tidak putus untuk menghidupi anak2 kita
    aamiin,, proud with you mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba cantik.. saya juga mengalami babak belur itu hancur sehancurnya sampai setiap nafas yg saya ingat hanya luka, 2x dgn perempuan yg sama bertahun2 saya ditipu mereka.. tapi saya selalu memaafkan suami. Caranya? Caranya dgn berdamai dulu dgn diri sendiri. Berusaha menaklukkan ego kita, karena rasa sakit dan penderitaan itu adalah ego yg tersentuh. Saya berusaha mendekap setiap rasa sakit yg datang dgn mengatakan "semua baik2 saja" jangan tolak penderitaan, saya anggap musibah ini sebagai guru kesabaran. Oya satu lagi saya tegas memilih untuk bahagia, kebahagiaan saya adalah melihat orang tua kami sehat bahagia, anak2 bermental sehat dan masa depannya baik. Klo hanya saya yg sakit gpp nanti juga sembuh dgn berjalannya waktu, dan itu ga sebanding rasanya dgn mrlihat kebahagiaan keluarga. Salam

      Delete
  50. Been there.
    Suami selingkuh ma janda Di rumah sendiri saat aku keluar kota.
    Pas ketauan dia sumpah-sumpah g ngelakuin itu.
    N pas kedua kalinya ketauan.
    Aku minta cerai saat itu jg. N putus komunikasi,blokir semua akses buat dia hub aku dll. N skrng aku dah bahagia, alhamdullilah

    ReplyDelete
  51. Memang sakit banget mbak seperti yang kita alami.lebih sakit lagi kalau kita sudah berjuang dengan mabtan saat dia miskin dl sekarang sudah bs bw mobil udah lupa diri.
    Pengalaman saya seperti disamber gledek pernikahan dan saat bersama yang kami habiskan selama 13 tahun ternyata sudah di nodai selama 4 tahun oleh mabtan dengan janda yg bekerja dikantornya.
    Tiba2 saja tanpa hujan atau angin mantan merencanakan untuk bercerai tetapi tidak berani mengungkapkan depan saya mungkin karena gak sanggup.
    Alhasil saat semua terja di dengan alasan yang di balikkan semua fakta yang dia lakukan dituduhkan ke saya dan semua kelaurganya ikutan memfitnah saya. Saya di minta pergi pada saat saya drop br keluar dr icu dan masih ada infus di tangan saya saat itu. Sakit sekali rasanya.Mengorbankan harga diri saya demi untuk menyelamatkan harga diri keluarga di mata tetangga.
    Tp sekarang saya lbh bahagia seperti sekarang ini. Dimana sy tidak perlu lagi berjuang mati2 an memikirkan masa depan keluarga dan anak2 ( 2 anak peninggalan abangnya yang saya rawat semenjak kecil karena dari hasil pemeriksaan dokter fertilisasi pria dia bermasalah untuk itu dan sy msh punya semua foto hasil pemeriksaannya).anehnya skrg katanya janda pencuri kebahagiaan orang itu hamil. Hahhaha entah anak siapa. Seperti dl pernikahan dia yg sudah beberapa kali.
    Semoga Tuhan tetap menjaga hati kita semua wanita yang tersakiti krn Tuhan selalu menghitung setiap tetes airmata kita. Dan karma perbuatan nyata didunia ini.

    ReplyDelete
  52. Semangat!! Tp jgn lupa anak" tetap butuh cinta ibunya
    ALl the best

    ReplyDelete
  53. Aq jg pernah ngalamin ky bgni, mantan cwo aq ngakunya udh cerai, tp stlh dpt info dan aq stalking medsos nya ternyata Dy msh berstatus suami org dan saya memutuskan mundur, krna saya tkt itu terjadi sm saya.Sedikit kesentil sm isi blog ini, tp aq cm korban yg awalnya ga tau

    ReplyDelete
  54. Sedang mengalami seperti ini, suami selingkuh dengan cewe yang masih "muda". Saat ini suami minta tetap bersamaku tapi hati dan pikirannya masih buat si cewe πŸ˜₯, sampai saat ini masih berdoa meminta yang terbaik buatku dan anak2 karena masih memikirkan anak pertama lagi bersiap untuk UN jadi belum bisa bersikap untuk cerai. Jika sampai nanti anakku sudah siap untuk persiapan lanjutan sekolahnya dan suami masih belum bisa move on dari tu cewe maka aq akan bersiap untuk pisah, makasih share ceritanya mba ini suatu renungan untuk masa depanku dan anak2

    ReplyDelete
  55. hai mba, saya juga pernah mengalaminya,.tapi suami saya tetap memilih saya dan anaknya, puji Tuhan, kami masih bersama,.semoga tidak terulang kembali,..GoD Bless Us,..

    ReplyDelete
  56. Menangis rasanya saya membaca tulisan ini. Krn baru saja terjadi pd saya,merasa pernikahan saya baik2 saja selama hampir 8 tahun ini, walaupun sampai skrg kami belum dikaruniai keturunan, rasa sayang suami saya tetap saya rasakan tidak berubah. Namun tiba2 saya membaca sesuatu di hpnya yang menyesakan dada,ada komunikasi dgn teman masa smp yang berawal dari acara reuni seminggu yg lalu. Kami mencoba berbicara dari hati ke hati, dan secara jujur dia mengatakan rasa bahagianya bersama saya sudah lama pudar. Bagai langit runtuh saya mendengarnya, karena selama ini tidak pernah ada pertengkaran berarti yang terjadi. Ketika saya minta suami untuk memutuskan komunikasi dengan wanita itu,secara halus dia menolak. Tuhan mengizinkan ini terjadi pada kami,sepenuh hati saya akan pertahankan rumah tangga ini dan semoga Tuhan mengizinkan kami kembali seperti sedia kala. Aamin

    ReplyDelete
  57. Mba aku mau join kalo ada komunitasnya

    ReplyDelete
  58. semangat sis, skrng ke karir aja dulu fokus ke masa depan yang lebih cerah, tuhan tidak tidur :)

    ReplyDelete
  59. Been there. Bedanya, si mbak sana tidak minta maaf tapi ngomong: "kalo emang dia mencintai mbak, saya kembalikan dia ke mbak". #%^*¥£%!?? Hellooooow hahahahhahaaa

    ReplyDelete
  60. Sy sgt terharu pd cerita ini. Sy ingin bertanya, apakah seorg suami yg tetap memperhatikan anak istrinya, bertangggung jwb thdp anak istrinya tp diluar ada pacar, dan tdr dgn pacarnya, memprioritaskan pacarnya spt istrinya bisa disebut sbg seorg suami yg SETIA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu tidak

      Delete
    2. Gak bisa,kalau suami yg setia tidak akan ada wanita lain di hidupnya selain istri dan ibunya...

      Delete
  61. Kalau aku engga tau apa sang misua selingkuh atau engga. Secara adat dy tidak bisa meninggalkan istrinya.. tapi ga tau kenapa aku selalu merasa seperti ada sesuatu yang aneh dri suami. Sudah lama aku berdoa minta petunjuk Tuhan. Dan seringkali diberikan mimpi yang sama kalau suami cheat dgn si mbak ini( selalu orang yg sama dalam mimpiku). Mohon petunjuk apa kalau suami sudah mulai cuek dan marah adalah petunjuk perselingkuhan. Thanks mommies ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry to say, itu indikasi lelaki (baca: suami) berselingkuh.

      Delete
    2. Mbak, sy juga dl seperti mbak. Saya tidak percaya kalo suami sy akan berselingkuh. Tp nyatanya 4 thn sy di selingkuhi. Seperti mbak saya di mimpikan 2x (ciri2 yg sama). Saya tdk pernah gubris soal mimpi. Ternyata Tuhan punya maksud untuk memberitahu sesuatu. Ada baiknya ditanyakan langsung ke suami mbak. Namun mbak harus kuat menerima kenyataan. Tuhan berkati.

      Delete
  62. Tetap bertahan mbak.. Your husband needs you actually. Saya anggap suami yg selingkuh itu anak kecil titipan Tuhan untuk dirubah menjadi baik. Kecuali minta cerai. Artinya dia sama sekali tidak menghargai keluarga, ya sudah.. Selesai.

    ReplyDelete
  63. Saya pria & kisah ini merupakan pelajaran hidup yang sangat berarti untuk saya ke depannya,karena saya akan memulai berumah tangga. Terima kasih untuk cerita hidupnya , semoga saya bisa menjadi suami & ayah yang baik ��

    ReplyDelete
  64. Sy jd ingat kata2 Pak Jokowi ... cari uang diNegara sendiri .. disimpan diluar .....sama dengan lg susah sama kita .punya uang sedikit yg diajak orang lain ...
    Tp sy percaya ... apapun yg diberikAN Allah SWT adalah yg terbaik menurut Allah ..
    Allah tdk akan mencoba umatnya diluar kemampuannya.. dan saya percaya itu ..
    Sy memilih bertahan emang dng alasan klise .. yaitu ANAK ... tp semua sy serahkan kepada Allah ..
    Semangat terus Mbak ..
    Sy percaya Allah akan mempergatikannya dng yg lebih baik
    Aamiin Allahumma Aamiin

    ReplyDelete
  65. Terima kasih untuk pelajaran hidup yang sangat berarti ini. Semoga saya menjadi suami & ayah yang baik untuk keluarga saya πŸ™

    ReplyDelete
  66. Bener banget, jangan pernah bertahan hanya karena alasan anak, percuma....
    10 tahun saya nikah juga bbrp kali dipukul didepan anak, judi dan main wanita sampai lupa pulang, sampai emas saya dijual untuk judi, akhirnya setelah bangun dari bawah lagi hingga mapan, dia malah bilang terserah saya mau cerai ato di madu pokoknya dia mau nikah lagi, sakit banget karena bagi dia pernikahan itu cuma permainan, saya juga kasihan sama anak saya yg tiap x harus menghadang didepan saya supaya papanya tidak memukul saya lagi. Lebih baik bercerai daripada mental anak terganggu nantinya

    ReplyDelete
  67. Saya pernah di selingkuhi oleh suami saya (yg sekarang sudah mantan) 15 tahun yang lalu..Dan saya tau betul sakitnya di khianati. Makanya saya tidak pernah respect dengan orang2 yang berkhianat, yang selingkuh dan menjadi selingkuhan. Saya percaya karma itu ada...

    ReplyDelete
  68. Been there several times. I also feel you mbaksay! Dan since 2011-2016 masib berusaha mempertahankan..demi anak..demi komitmen pilihanku menikah. But then Allah bless me and pick the best option for me. sudah suami yang selingkuh berkali-kali..sampai datang perempuan2nya ke kantor, ke apartemen saat tahun baru..dan suami selalu berkesan gak bersalah dan terakhir dia balik ke rumah ibunya for 4 months. maybe he came back on April 2016 karena kehabisan duit kali yaa..but still karena anakku umur 3 tahun bahagia banget papanya bisa main sama dia lagi so i accept him back. however selama dia pergi 4 bulan..aku sudah gak needy sama dia..sudah keep in touch dengan teman2 masa sma..masa smp..masa sd..masa kuliah..jadi aku bisa kumpul dengan my besties dan having a great girl talk session. plus ketemu sama mantan pacar sma saat reuni yang laki-laki baik-baik dan sudah punya keluarga..and we remain friends. ealahh tanpa dinyana-nyana suami yang punya track record selingkuh berkali-kali malah sadap telp aku..mungkin buat cari senjata buat dijadiin "bukti" aku juga bersalah selingkuh sama mantan pacarku ya..dan terakhir habis dia jalan-jalan dengan kakak2nya dan keponakannya ke thailand november 2016 (tanpa basa basi sedikitpun ajak anak istrinya lho yaa).. tanpa kejelasan hari tanggal dan waktu sampai kapan, dia pulang dong disaat aku sedang having friday nite girls talk dengan teman2 sma..dan dia pakai alasan untuk kabur lagi ke rumah ibunya..dengan point kalau "suami pulang istrinya gak di rumah sampai malam". wowww..jadi suami boleh selingkuh, ditelp gak angkat, pulang besok pagi padahal katanya cuma meeting "sebentar"..tapi kalau istri 1x pun dosa besar yang harus diblow-up yaa. tapi Alhamdulillah kok ya saat dia pergi lagi november 2016 aku sudah gak ada sama sekali rasa sedih..apalagi habis usaha terakhir ngobrol ke ibunya dan malah aku disuruh jangan datang krn anaknya "lagi stress berat". woww again..ibunya perempuan juga tapi gak inget yaa anaknya seorang kepala keluarga yang punya tanggung jawab atas anak perempuan batitanya..dan sampai sekarang gak sepeserpun kasih nafkah dan belum datang ketemu anaknya. status dia di facebook sudah separated..bangga kayaknya ya perkawinannya berantakan..tapi aku tanya mana surat undangan pengadilannya kalau mau divorce sampai sekarang gak dikirim-kirim..aku siy gak yakin malah sudah diurus sama dia. padahal sebagai umat Islam, dia tau kalau suami harus menjatuhkan talak jika ingin pisah dengan istrinya. ya well aku siy sekarang fokus cari uang untuk anak..dan mencoba ikhlas. Percaya 1000% dengan Allah SWT kalau pasti akan ada keadilan dariNya untuk istri dan wanita yang terdzalimi. so monggo ditanggung sendiri deh itungan dosanya dengan Yang Diatas...aku udah bosannnn ngurusin urusan gak jelas begini..dan setuju 100% cuapekkk berjuang sendiri mempertahankan. yang penting anakku gak sedih papanya gak ada..malah bilang ke aku : nanti kita cari papa baru yang sayang mama dan M ya..M kasian papa jahat sama mama. aku sampai terhenyak..anakku baru mau 4 tahun sudah bisa lebih kuat dari mamanya. so i must be stronger kan. semangat para mama semua yang berada di kapal yang sama. kalau komunitasnya sudah dibuat, aku juga mau join dunks..maybe we can also have girl talk session kopdar dan support sesama wanita dan ibu. xoxo ladies.

    ReplyDelete
  69. Saya nangis, mbak,bacanya.. karena saking kuatnya mbak menghadapi ini. Apalah saya yang.. diselingkuhin pernah, mau dijadikan selingkuh pernah.. walaupun tahapnya masih pacaran. Tapi minimal kalau mengawali sesuatu dengan baik, akhirnya juga baik.. maka saya memilih untuk keluar dari jeratan selingkuh-diselingkuhin. Kuat-kuatin aja sis.. Modal hidup ya cuma kuat, what else?

    ReplyDelete
  70. Tp menerima kembali suami yg pernah selingkuh itu susah, kdg2 msh terngiang2 saat dy berbohong utk menutupi kesalahannya, dan msh terngiang jg saat dy bercerita dg lantang dan terbuka ttg ap aj yg dy lakukan dg selingkuhannya di ranjang saat qt diranjang jg,dan q hny bs mendengarkan dg tegar sambil mengoreksi apa yg kurang pada diriku,sakit memang tp ini pilihanq yg menjadikannya ayah dr anak2q, dg kesabaranq skrg dy berubah mjd suamiq yg dlu yg cinta istri n anak2nya, smg dg kesabaranq pernikahan ini akan terus berlangsung sampai akhir,amin
    Qt hrs menerima konsekuensi dr pilihan qt n hrs bertanggung jawab

    ReplyDelete
  71. Anda hebat, Mbak. Semangat dan terus berjuang.

    ReplyDelete
  72. Mbak..ur doin' great... i have a normal life..tapi tidak pernah suka kalau perempuan menggadaikan martabatnya atas nama cinta dan merusak kehidupan orang lain... So...tulisan mu bagus banget buat "menggedor" hati perempuan2 lain yg akan ataupun sudah melakukannya..God bless u...

    ReplyDelete
  73. Mewek... ini juga berlaku juga buat perempuan (istri) yg ingin berselingkuh yah... Ada pihak lain (suami atau istri) yg akan tersakiti...

    ReplyDelete
  74. Keren sekali tulisannya mbak ,aku pun dulu baru nikah delapan bulan sama mantan suami WNA dr belanda cerai karena dia ketauan selingkuh sama perempuan anak kuliahan ,and i caught him in bed lho ,red handed ,when he was having sex,,oh dan si mas bule ini juga kdrt kelas berat ,he broke my nose and aku sering dipukulin ,,dan si perenpuan ini skrg nerima barang2 hasil curian dari si mas bule pada saat kita pisah ,,barang2nya punyaku dan sampe sekarang ga ada itikad baik utk ngebalikin barang2 nya ,,thank god sih skrg aku sudah mau nikah lagi dan im very happy ,,walaupun hati dulu hancur berkeping keping ,,but i survived !

    ReplyDelete
  75. Terharu dan saya mengutuk perselingkuhan. Namun merasa bebas selama 16 tahun lebih membesarkan sendiri kedua anakku walau terasa sangat tidak mudah namun terhindar dari yg namanya ngurusin suami dan sakit hati. Sampai saat ini saya single parent. Semangat mba penulis������
    To the cheaters, screw y'all!

    ReplyDelete
  76. Okey memang sering kali "kok mbak bisa tau saya" pertanyaan yang sama.. terkadang saya berpikir ketika orang itu berpendidikan dia akan lebih banyak pertimbangan untuk melakukan suatu tindakan, tetaapiiii itu salah 😁😁 salah besar, bukan karena berpendidikan bukan juga karena kebutuhan, karena mereka tdk pnya "etika" karena mereka tdk memiliki "iman" karena merena orang "murahan" yang tidak pntas untuk di hormati dan dihargai...

    ReplyDelete
  77. salut buat mbak nya..
    saya yakin di balik semua kepedihan yg mbak alami, Tuhan punya rencana yg lebih besar dan lebih baik untuk mbak nya..

    saya diselingkuhi dan ditinggal gitu aja sama mantan tunangan tepat H-3 sebelum hari pertunangan kami.. lewat telpon dengan alasan 'sayang aku ke kamu sudah hilang dan kamu berhak dapat yg lebih baik lagi'.. mirisnya saya tau dari teman kosnya kalau dia sudah mulai selingkuh 6 bulan sebelum pertunangan kami.. jadi disela'' mempersiapkan acara, ternyata dia juga 'ngurusi' yg lain..
    saya sempat depresi mbak, apalagi saat itu saya semester akhir, skripsi saya nyaris gagal.. untungnya senior yg satu tim skripsi berhasil nampar saya dengan kata'' 'kalau hidup kamu hancur gara'' pria macam dia, kamu nggak lebih dari sampah. karena kamu berhak untuk dapat pria yg baik'..
    disitu saya sadar mbak.. titik balik saya untuk jadi wanita yg lebih baik dan lebih tangguh.. katakanlah saya jahat, pendendam.. tapi pengkhianatan dia memecut saya untuk membuktikan diri bahwa saya berkali lipat lebih berkualitas dan berharga ketimbang dia dan selingkuhannya..
    sekarang, saya sangat bahagia dengan pilihan saya mbak..

    saya yg belum sampai tahap pernikahan aja udah sakit hati sekali, apalagi mbak nya yg sudah merajut rumah tangga.. mbak nya bener'' kuat..
    semoga mbak nya selalu diberkati Tuhan.. dan di masa depan nanti mendapat pria paling sempurna dari Tuhan buat ngedampingin mbak nya..

    ReplyDelete
  78. Kereennn,, tegar, stroong bgt,, mpe nangis bacanya..

    ReplyDelete
  79. Jempol deh...

    Saya pun pernah di posisi ini dan bukan hanya sekali tapi beberapa kali.

    Dan karena seringnya ketauan maka saya berserah "apa yang di maunya" , "pisah , oke-oke saja". Suami pun mikir seribu kali "tujuan selingkuh itu untuk apa". Syukur deh..laki uda insaf wkwk...

    ReplyDelete
  80. Saya bisa merasakan kepahitan itu..karena saya juga mengalami hal yang sama, bedanya saya memaafkan suami saya. Tapi hal itu justru tidak membuat hubungan jadi baik, malah suami selingkuh lagi 😭😭

    ReplyDelete
  81. Saya pernah mengalami ini berkali-kali, suami sy ketahuan selingkuh dgn beberapa wanita dan entah sejauh mana hubungannya (menurut pengakuannya hanya iseng dan sebatas chat, tdk pernah bertemu dan tidak sejauh apa yg saya fikirkan). Berkali-kali sy meminya cerai tapi dia menolak, demi anak2 sy berusaha memaafkan meskpun lukanya sulit untuk dihapuskan krna hingga saat ini sy masih suka sedih dan sakit hati kalo mengingat itu semua. Sy bertahan, sy bertahan karna anak2 dan rasa cinta sy terhadap suami sy. Dia pria baik, bertanggung jawab tapi mungkin satu kelemahan dia terhadap wanita2 murahan diluaran sana. Semoga perubahan dia saat ini bener2 berubah dan tidak mengulanginga lagi, karna rasa cinta sy terhadap dia dan anak2 yg membuat sy bertahan untuk kuat. Semoga wanita2 perusak hubungan org bisa membaca ini dan tidak akan ada wanita2 seperti mereka lagi kelak. Semoga πŸ˜”

    ReplyDelete
  82. Wah saya kira hanya hidup saya aja yg mengalami ini trnyta banyak juga y,semua ini bikin saya lebih kuat lagi.
    Saya juga istri dan ibu 1 anak.awalnnya klurga saya memang sdkit ad mslh krn saya lebih sibuk jaga mama saya yg lagi down hatinya.tapi tanpa q sadari suami saya kesepian dan saat itu ad mantan pacarnya kontak dia lagi lewat fb smpai lanjut k bbm.saya sempat merasakan keanehan mungkin tuhan udh mau ksh tanda buat saya tp saya nda sadar.setelah 1bulan tb2 suami saya minta cerai pdhl cuma mslh sepele aj.saya syok kok semudah itu.setelah saya tnyakan trnyta dia selikuh sama si "f" dan perempuan itu mengaku hamil dg suami saya.betapa sakitnnya d selikuhin sampai berhubungan intim.dan lbh sakitnnya suami saya lbh milih tanggu jwb k dy dbnding anknya dr saya. saat itu juga saya down saya coba prrtahanin dy dgn dahlil bunuh diri krn saya gk mau ank saya kehilangan papanya krn ank saya dket bgt sama papanya,saya juga mencintai suami saya.syukur dy kembali dan saya bawa k bu pendeta untuk dbntu doa .dan stelah suami saya kmbli say coba selidiki perempuan itu.trnyta perempuan itu msh berstatus suami org dan 2ank.tp memang dia niat cerai dg suaminya makanya cari pengganti baru.dan trnyta dia bohong soal hamil sbnere dy tdk pernah hamil dy berniat sperti itu mungkin biar suami saya ceraikan cepat.dan saat say hub lewat sms bukannya minta maaf malah maki2 saya dan bercerita masa indah2 mreka.jam tgn saya yg beli hrga mahal dkshkan k dia.sakitnya luar biasa.
    Jujur mungkin suami saya kembali k saya tapi rasa sakit ini tak kunjung hilang,kecewa nya luar biasa.krn saya kira hidupku ini sangat menyedihkan tapi skrg saya sadar setelah liat post bnyak org.bahwa ini kehidupan yg lurus kayak jalan tol
    Tq all

    ReplyDelete
  83. Makasih sharingnya dear... aku tau yoges perempuan kuat, selalu positif memandang ke depan. Semoga jd tabungan karma baik ya..
    Membaca komen2 diatas, Ternyata banyak yg mengalami nasib pahit spt saya, bahkan ada yg lebih pahit.. tp salut buat yg bisa bertahan memanage penderitaannya menjadi semangat baru.
    Sayapun mengalami hal yg sama 2x dikhianati suami selama 10th menikah, bahkan yg terakhir 4th saya tdk tau. Disaat saya berjuang ditengah depresi karena ditinggalkan ibu dan baby blues syndrom pasca melahirkan anak kedua, disana saya jg disia2kan suami dan dikhianati.
    Tapi saya selalu maafkan dia, pasti itu. Bahkan saya pasang badan ketika dia berhadapan dgn suami selingkuhannya.. ya saya memang bodoh, sdh ditipu bertahun2 masih bisa memaafkan bahkan membelanya. Ini bukan buat saya sendiri, ini untuk menjaga perasaan dan kesehatan orang tua kami, dan menjaga mental sehat & masa depan anak2 kami. Lebih baik saya yg mengorbankan diri.. rasa sakit hancur menderita itu sdh pasti,buat saya itu hanya sementara karena ego saya yg tersentuh. Tapi ketika kita bicara kedamaian, saya harus bisa menaklukkan ego dan diri saya sendiri. Yaa betul... saya juga ingin bahagia, kebahagiaan saya adalah melihat kebahagiaan anak2 dan orang tua. Itu saja yg bs saya bagi.. saya yakin karma pasti bekerja, buat saya, buat suami, dan si embak iblis selingkuhan yg semoga saat ini sudah damai di alamnya.

    ReplyDelete
  84. Salam kenal semua ya mbak2 yang berjiwa tegar dan kuat...
    Aku baru mengalami itu beberapa bulan yg lalu...tapi si "mbak" ini emank cewe nakal kerjax di karaoke gitu...aku malah kasihan sama "mbak" ini karena "mbak" ini masih sangat muda umur masih menginjak 20tahun...
    Anak muda jaman sekarang maunya serba instan pengen hidup enak tapi ga mau kerja susah...lihat cowo bermobil langsung dilahap...padahal udah saya tegur dg baik dan saya kasih tau kalau yg jadi pacarx itu suami saya dan kita sudah punya anak...eh dasar si "mbak" nya gatel juga dibilangi baik2 ga di peduli in...aku dan suami sempat mau pisah tapi Alhamdulillah Allah masih menjaga hubungan kami...

    Nitip pesan buat suami:
    Kebanyakan laki-laki tega membuang berlian hanya untuk mempertahankan pecahan beling yang pandai bersolek...

    dipuji cantik emank menyenangkan tapi lebih mengesankan apabila dipuji karena prestasi...tetap semangaaatttt....

    ReplyDelete
  85. Ayo mbak, buat komunitas untuk perempuan hebat, agar bisa saling menguatkan dan saling suport

    ReplyDelete
  86. Wooowwwww i love you mbakk...
    Baca ini sesungguhnya aku dejavu..
    Sama perciss deh ketauan2nya, mudik2nya,
    Bedanya wanita itu minta maaf dan wanita di hidup saya malah terang2an minta saya ninggalin suami saya smpe akhirnya mreka kawin lari dan menelantarkan anaknya...
    Tapi
    Saya udh ga marah
    Saya udh ga dendam
    Saya skrg udh bahagia sama org lain jg yg alhamdulillah lebih ngerti saya dan anak saya..

    ReplyDelete
  87. Ternyata gak cuma saya yg merasakan itu, parahnya kalo saya waktu dalam keadaan hamil,
    Percaya mbak
    Suatu saat nanti orang yg terdzolimi seperti kita akan lebih bahagia
    Dan sekarang, saya memulai hubungan dengan mantan pacar saya dulu sebelum nikah,
    Dia pun duda, sudah bercerai 8 Bulan yg lalu, dan kami enjalin hubungan baru 5 bulan
    Tapi mantan istrinya gak terima dia dekat dengan saya
    Mungkin dia takut hak anaknya gak ada lg
    Sampe dia berkoar saya penyebab perceraiannya,
    Padahal semua org tau dia yg Selingkuh waktu mash Nikah,
    Dan saya berhubungan lagi saat mereka sudah syah Cerai, dan udah ada akte cerainya

    ReplyDelete
  88. Menurut saya, ga perlu mempertahankan sesuatu yang ga ingin dipertahankan. Kalau pasangan selingkuh, sebagai manusia dewasa normal harusnya dia sudah tau kok konsekuensinya. Jadi kalau ketauan, janganlah keluar berbagai alasan membela diri. Kesalahan apapun yg dimiliki pasangannya, ga ada orang yg patut diselingkuhi. Selingkuh itu kesalahan tingkat dewa buat saya, jadi ga termaafkan. Kalau sudah ga cocok atau sudah ga cinta, jangan jadi pengecut. Selesaikan dulu dg pihak ybs, lalu boleh move on. Jangan menginjak kedua kaki di dua perahu yg berbeda. Nanti akhirnya jatuh juga kok.

    ReplyDelete
  89. Berbagi pengalaman juga: 4 tahun kurang mnjalin hubungan dgn ssorang laki2. diselingkuhi berkali2 dan dimaafkan. sampai dy prnah punya anak dr selingkuhannya, tp digugurkan oleh wanita selingkuhannya. dan sy pun memaafkannya dgn berbagai alasan. hutang budi tentunya.
    sy nemenin dan bantuin dy sampai dy tersenyum bahagia di wisudanya.
    tapi setelah dy punya gelar dan kerja di kotanya, diam2 dia selingkuh dengan teman jauh saya.
    sy udah ga sanggup jalani semuanya akhirnya putus.

    selingkuh itu penyakit.

    Syukur sekarang sy sdh menemukan kehidupan lebih baik. dan telah menikah srta dikaruniai seorang anak.

    setiap sakit hati masa lalu akan dibalas dengan kebahagiaan terduga dimasa depan. fokus diri sendiri.

    untuk karma buat dia, I dont care.

    ReplyDelete
  90. Sabar... Balasan yg maha kuasa itu pasti... Berbahagia diatas penderitaan org lain... Menghancurkan kebahagiaan org... Semoga mantan suami dan selingkuhan nya mendapatkan ganjaran akibat perbuatan nya... Dan menyesal seumur hidup

    ReplyDelete
  91. Sebagai anak yang melihat langsung dampak perselingkuhan dalam rumah tangga, saya hanya bisa bilang bahwa kadang tidak sesimpel salah satu pihak kegatelan and gak bisa nahan hawa nafsu. Pada kasus saya, ibu dan anak2 sangat independen dan kurang menghargai bapak sehingga dia mencari tempat dimana ia lebih di-appreciate. Saya akhirnya bertemu dengan wanita selingkuhannya dan melihat bagaimana dia bisa memenuhi kebutuhan bapak saya dibandingkan kami. Sehingga saya tidak bisa sepenuhnya marah atau benci kepada bapak maupun selingkuhannya dan memutuskan utk lebih baik mendukung perpisahan orang tua dan menerima ada orang lain yang bapak anggap sbg keluarga. Akhirnya perselingkuhan mereka tidak bertahan lama dan bapak masih secara legal jd suami ibu tapi kita sudah menemukan titik nyaman dengan hidup secara terpisah. Untungnya dia masih bertanggung jawab kepada keluarga dan support jika kami butuh pertolongan. Tapi saya rasa itu karena ada upaya dari saya utk mencoba memahami posisi dia, sehingga akhirnya dia meminta maaf dan tetap menjaga relasi keluarga. Intinya, gampang utk menyalahkan pihak yang menjalani perselingkuhan karena membuat diri kita merasa tervalidasi tapi ada baiknya untuk melihat ke diri kita sendiri, mungkin ada hal yang perlu kita perbaiki juga. Sebagai info, saya pernah jadi selingkuhan maupun diselingkuhi mantan pacar. Dua2nya gak enak dan gak mau sampai terulang kembali. Apakah dari awal niat menjadi selingkuhan? Enggak juga tapi ketika menghadapi kondisi yang nyaman dan merasa dibutuhkan orang lain, susah utk menolak godaan. Sometimes it's complicated. Tapi utk mba2 yang memang berprofesi sebagai pencuri laki dari para wanita yang sudah berdarah2 bangun kesuksesan suami, all I have to say is that you're a horrible person and you will never get the respect from people around you. Everyone knows what you're worth and it has an expiry date. You should count your blessing and save any money that you can before you get replaced for a younger model. Thats all I have to say.

    ReplyDelete
  92. Hai mba.. salam kenal, entah kenapa ak bisa sampai ke blog dan artikel ini, anyway tulisannya ini bikin aku ngelus dada. semoga mba selalu bahagia kedepannya ya ..

    ReplyDelete
  93. Sy jg pernah ngalamin diselingkuhi, mantan suami malah menuduh sy yg berselingkuh. Kayaknya hampir semua peselingkuh pasti menuduh pasangannya yg selingkuh. Dan parahnya justru saya tau kalo mantan suami berselingkuh dari suami selingkuhannya setelah 1 th mrk berhubungan. 4,5 th pacaran, 2 th tunangan dan 8 th menikah bukanlah waktu yg sebentar. Tp semua hilang dalam sekejap. Sekuat tenaga sy pertahankan pernikahan, walaupun sy tau suami sy berselingkuh. Sampai dia pergi dr rumah dan menggugat cerai sy. Sampai sy sadar dia sangat menginjak harga diri sy dan org tua saya. Sy terima talak dia setelah 3 bulan berjuang di pengadilan utk keutuhan RT sy. Sungguh saya bersyukur melepasnya, saya percaya Tuhan sudah menuntun sy kearah yg lebih baik. 1 bulan setelah cerai, mantan suami menikahi selingkuhannya. alhamdulillah sampai skr kehidupan sy tetap indah walau sdr. Hubungan sy dg klg besar mantan suami tetap baik hingga kini. Justru mrk lost kontak dg mantan suami. Dan sungguh sy bersyukur sy bs sangat ikhlas ketika dipertemukan dg mantan suami dan istrinya ketika mantan mertua meninggal dunia. Sy tetap dianggap klg dg keluarga besar mantan suami. Bahkan mrk lebih merangkul sy ketimbang istri mantan suami. Krn sy kasian melihat istri mantan suami dicuekkin, sy tuntun dan rangkul dia utk masuk ke klg mantan suami. Alhamdulillah Sy sudah lulus ujian ikhlas. Sy percaya Allah punya rencana lain dlm hidup sy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda seorang pribadi yg luar biasa ...
      Semoga slalu dlm lindungan Nya dimudahkan sgl sesuatunya untuk anda .

      Salam ..

      Delete
  94. Mbak ary, aku pingin peluk mbak ary, walopun ga kenal. Krn tau sakitnya, babak belurnya mbak. Cuma bedanya mungkin aku ga setangguh mbak utk meninggalkannya, banyak pertimbangannya. Kupikir kali ini mungkin aku cuma mengulur waktu.

    Berusaha membuka kesempatan kedua, berusaha menata hati lagi, berusaha menerima lagi - ya walopun ga sama seperti dulu waktu di awalnya sih.

    Menerima lagi org yg sudah melukai, banyak yg bilang lemah, kayak ga punya harga diri.

    Tapi kupikir justru yg mau menerima lagi ini kudu ekstra kuat krn seumur hidup akan dibayangi peristiwa itu. Kepercayaan sdh ga bisa 100%.
    But then life happened. Life goes on, kudu move on, kudu memaafkan demi kesehatan diri sendiri.
    Tapi bukan berarti trus akan melupakan, tidak, siapapun takkan lupa kalau sdh disakiti seperti itu. Aku tdk akan lupa, aku akan mengambil pelajaran.
    Doakan saya ya mbak Ary. Supaya kalau saatnya tiba, saya bisa sekuat mbak Ary.

    Terimakasih mbak 😊

    ReplyDelete
  95. Kau hebat ��

    ReplyDelete
  96. Salut Mbak, saya pernah ada diposisi ini, hanya saja belum ada pernikahan. Saya pernah berusaha sekuat saya Mbak untuk mempertahankan hubungan saya, dan untuk kasus Mbak, saya acungi 8 jempol (yang 4 pinjem tetangga sebelah). Ngga bisa kebayang Mbak, semoga kehidupan Mbak selalu bertambah baik dan penuh cinta, 😊

    ReplyDelete
  97. Kmrn sempat di fb suami saya axa perempuan yg komen bilanh pk kata sayang, cinta, dan beb.
    Posisi suami saya lg diluar kota.
    Kebayang ga th betapa panasnya mata, hati dan tangan??
    Saya marahin perempuan itu dan saya maki2 dgn kata2 kasar tp mlh blg saya mencemarkan nama baik dia.
    Dan kurang ajarnya lg perempuan itu posting di wall suami saya blg "tolong ajarkan istri u bertutur kata baik dan sopan".
    Makin panas saya maki2 dia dan suami saya.

    Tp yaa mungkin perempuan itu aja yg lg cari mangsa.

    ReplyDelete
  98. Wowwwww merinding sambil meneteskn air mata bacanya.. smoga smua prmpuan yg diselingkuhin pasangannya slalu diberi kekuatan oleh tuhan

    ReplyDelete
  99. artikel nya menarik. well, i may say that this article delivered to the point of view of "yang terselingkuhi" and sadly, they give up.
    Kalau saja yg menulis adalah dari point of view "yang menjadi selingkuhan". We never know what they feel dan apa yang para selingkuhan ini perjuangkan juga, right?.
    but anyway, affair is never a good thing. The thing is that, lets be "the chosen one", dont be "there's someone else". and men should really read this article. Kalo lakiannya ndak tebar pesona, kemungkinan wanita menggoda itu dibawah 30%.

    ReplyDelete
  100. aku laki laki, seorang suami, dan seorang bapak..
    tulisan ini luar biasa, seakan kita sedang ngobrol dan bisa cerita se'enteng' ini walaupun ada gunung yang mau meletus di dalam hatinya, tenang tapi bergemuruh..
    tulisan anda menguatkan dan membantu saya untuk melihat sebuah pernikahan dari sudut lain yang lebih luas.
    terima kasih..

    untuk para suami..
    isilah perut mu dan kosongkan 'peluru'mu sebelum meninggalkan keluargamu, kembalilah segera sebelum perutmu kosong dan 'peluru'mu penuh, jangan sampai 2 hal tersebut menghancurkan keluargamu, segera minta istri untuk isi perutmu yang kosong dan untuk mengosongkan 'peluru'mu..

    ReplyDelete
  101. Bukan hanya wanita yg akan merasa sakit... Kami para pria pun merasakan sakit yg sama seperti yg wanita rasakan... Mau dh share cerita aku, biar bisa membuka hati para wanita / istri yg berniat meninggalkan pasangannya...

    ReplyDelete
  102. salam kenal mb :) kita punya pengalaman yg sama, tp mba lbh berani dr saya dg mengambil keputusan unt "bebas". mba hebat.. saya doakan semua akan berlalu untuk untuk kita semua perempuan yg pernah tersakiti. minta izin unt sedot semangat dr mba2 fighter semuanya :)

    ReplyDelete
  103. Super wonder woman,,, ceritanya sama persis dgn realita hidup sy mbak, tetap tegar mbk, Tuhan selalu bersama qt..

    ReplyDelete
  104. Baiklah.. ini luar biasa membuat jantung ini berdetak kencang.. tanpa sengaja saya terparkir di blog ini.. dan berusaha memahami essensi dari maksud penulis.. sumpah.. saya terperangkap dengan menyiapkan waktu untuk menghabiskan.. sis.. saya berada tepat diposisi suami mbak (baca: dihadapkan dengan godaan yg sama tp belum menjalani), mungkin inilah yg membawa saya ke blog ini.. kurang lebihnya Tuhan menitipkan sosok malaikat kebaikan untuk mengingatkan saya dlm persoalan ini.. terima kasih untuk tulisan yang hebat ini..
    "FH"

    ReplyDelete
  105. Smangat mbaaa.. sayajuga mengalaminya. Dan sekarang saya bahagia diberi Allah seorang suami super penyayang ditambah 2 balita yang lucu2.. terus berdoa untuk semua wanita yang tegar... kiss kiss kiss

    ReplyDelete
  106. Saya juga pernah diselingkuhi, saat saya hamil 7bulan saya sudah curiga, padahal saya belom 1 tahun menikah.. kami tinggal beda kota karna pekerjaan saya kontraknya belom selesai...

    Bahkan saat saya melahirkan, saya ditemani hanya 2hari, alasannya tidak bisa cuti lama2.. saya sendiri yang membayar biaya rs, ke kasirnya sampai orang2 bertanya, ibu tidak ada yang menemani..

    Sampai akhirnya dy mengaku setelah anak saya 2 bulan, saya berhasil menemukan buktinya.. kami bertengkar, lalu dy memilih tinggal di apartemen dengan selingkuhan nya.. saya ditinggal.. bersama bayi yang baru berusia 2 bulan..

    Setelah 1 bulan ditinggal, ada telfon dari kepolisian, ternyata suami saya dan selingkuhannya ditangkap.. selingkuhan nya pura2 menjadi suami saya via line, dan memeras wanita2 yang menyukainya tanpa sepengatahuan suami saya..

    Saya menangis kenapa ini bisa terjadi, selama ini saya merasa semua nya baik2 saja... akhirnya suami saya minta maaf dan berjanji akan berubah.. jujur sulit untuk memaafkan nya, tapi saya lihat anak saya kasian baru lahir kalo harus hidup tanpa ayahnya..

    Akhirnya saya beri kesemptan, walaupun sering bertengkar kalo saya mulai ingat apa yg telah dy lakukan terhadap saya.. ini sudah lebih dari 1 tahun, kami mulai hidup bersama lagi.. dy memang audah berubah, tetapi hati ini belum sembuh juga, kadang saya menangis, kalo tiba2 ada hal yg mengingatkan... saya hanya berusaha ikhlas, pernikahan ini bukan main2 ini janji saya sama tuhan, saya berjanji akan bersamanya apapun yang terjadi.. saya pun tekankan itu sama suami saya, kalo dy tidak sanggup berjuang, dan berulah lagi.. saya mundur, saya bukan malaikat yang berhati besar...

    Untuk mba semangat yaa.. saya menangis membaca ny, termasuk komen2nyaa ternyata saya tidak sendirian.. terimakasih

    ReplyDelete
  107. Selingkuh baik laki laki maupun perempuan adalah BANGSAT!

    ReplyDelete
  108. been there twice, oh maybe more. But still pray for the best for our little family. #keepstrong mba nya..

    ReplyDelete
  109. Ini sedang terjadi dengan saya.
    Ketika dia masih belom apa2, saya susah2 bareng dia padahal sebelum nikah dan pindah ke LN mengikuti dia saya punya karir dan gaji yang mapan... eh pas skrg dia merasa udah di "atas" punya duit, dan saya tidak bekerja lagi sehabis melahirkan anak.. dia malah pacaran lagi dengan perempuan2 dari negara asal saya sendiri.. dulunya ga pernah mau tinggal di jakarta.

    ReplyDelete
  110. Bukan hanya wanita yg akan merasa sakit... Kami para pria pun merasakan sakit yg sama seperti yg wanita rasakan... Mau dh share cerita aku, biar bisa membuka hati para wanita / istri yg berniat meninggalkan pasangannya...

    ReplyDelete
  111. Bagaimana dgnku??sampai detik ini aku masih berpikir..salahkah aku masih meneruskan hubungan ini???sementara hampir setiap bulan kami bertengkar hebat krna wanita.
    Minggu lalu hari kami bertengakar lagi,dan itu didpan anak2.
    Aku melihat mereka menangis dan ketakutan.
    Saat ini aku masih bersamanya,tapi aku sndiripun tidak yakin kalau dia akan berubah.krna memang sudah terlalu sering dibohongi..
    Ntah apa yg sedang aku lakukan saat ini.
    Aku bingung.

    ReplyDelete
  112. owhhh i've been there. dan mantan suami saya waktu itu lebih memilih selingkuhannya dibanding saya dan anak2. rasanya? luar biasa perih. apalg saya udah pernah memperingatkan perempuan itu utk pergi dr khidupan kluarga saya. tp yg terjadi prempuan itu malah nantang saya balik utk cari dia.dgn alasan katanya mantan suami saya cerita kedia kl dia bermasalah dgn saya. pdhl pd waktu itu kita sedang adem ayem. tapi kabar terakhir yg saya denger, prempuan itu ninggalin mantan suami saya dan nikah sm laki2 lain. hahahaha... saya percaya, karma itu ada. dan dia akan segera dapat balasannya. salam kenal mba 😊

    ReplyDelete
  113. Ewww..pernikah pertama sy bertahan 12 tahun. 5 tahun dari 12 thn tsb ternyata sy diselingkuhi. Sy tdk pernah mendapati lanngsung saking rapihnya suami sy 'bermin' tp saat suami sy kena GO, sy langsung sadar ada yg tdk beres. Dan perlahan2 terbukalah semua kebusukan2 suami. Ujung2nya suami malah menuduh saya yg selingkuh dan menuduh penyakit menjijikkannya berasal dari saya (WTF).
    Sy memilih meninggalkan suami dan menjadikannya mantan. Anak sayalah kekuatan sy utk mengambil keputusan pisah.
    Ternyata 5 tahun setelah pisah..Tuhan memberi saya lelaki yg luar biasa baik dan sangat berkomitment atas pernikahan.
    Jadi jangan takut meninggalkan laki2 yg selingkuh dari kita. Dan ucapkan selamat utk mbak2 yg menjadi selingkuhan pria anda.
    Karena sampah mmg berpasangan dgn tempat sampah dan tempat pembuangan sampah πŸ˜‰

    ReplyDelete
  114. Sy diselingkuhin 6 tahun...
    Sy ampuni sekali tp ketika terulang lg n menghasilkan anak akhirnya sy memutuskan cerai.

    Puji Tuhan, sy diberi Kekuatan dan dukungan dari org2 terkasih.

    Sy bersyukur sdh terlepas dari laki2 bejad itu,

    Terutama lepas dari mertua yg kayak nenek sihir n smua kk adiknya yg suka selingkuh walaupun ank2 mereka sdh byk.

    ReplyDelete
  115. Mksh smgt mb.. Saat ni aq mo jalani sidang putusan ku.. Crtany hmpir sm dg ku. 9 th kami pcrn, 4 th mnikah, 1 th trkhr mkin mmburuk hubunganku. Total 14 th kami sm2. Mdh2an aq kuat. Bs mrawat anakku dg baik..amin..

    ReplyDelete
  116. Wah disini korban dr pihak laki" yg pernah diselingkuhin ga ada apa? haha

    Saya pernah menjadi korban diselingkuhin ketika masih pacaran, ketika jalan 1 tahun pacaran dan hanya dalam waktu 2 minggu pacar saya kenal sama itu laki" dia bisa lupa dan berubah total.Memang sih itu laki" tajir mampus dan punya istri 2 coy!

    Saya mencoba mengalah saat itu, tp pacar Saya gak mau Saya tinggalin malah pernah mencoba utk bunuh diri dan Saya gak mau hal tsb tjd.Usut punya usut termyata laki" tsb pake guna" (pelet,pesugihan,dll)

    Puji Tuhan akhirnya Kita berakhir dipelaminan dan dikaruniakan 2 putra, tp cerita gak berakhir disitu ketika mau lahiran anak pertama Saya yg malah menyakitinya dan ironisnya Saya lakukan itu dengan teman istri Saya sendiri.Mungkin beberapa org berpikir Saya lakukan hal tsb Saya lakukan karena dendam.

    Puji Tuhan semua sudah berlalu, dan Saya sudah tinggalkan dan berkomitmen untuk tidak melalukan hal tsb lg.

    Perselingkuhan itu sama kaya kejahatan, terjadi bukan karena niat tetapi karena ada kesempatan

    ReplyDelete
  117. Tak banyak kata, cukup dengan ucapan kamu wanita hebat dan dia(mantanmu) pria yang merugi, serta dia(selingkuhan mantanmu) adalah pejuang yang gagal.

    ReplyDelete
  118. Masih dalam perjuangan
    Krn sy percaya kuasa Tuhan
    Saat nanti suami saya akn berubah
    Saya bertahan bukan hny utk ank2 dan klurga besar kami
    Tp terlebih krn janji perkawinan kami , kebetulan sy nasrani
    Qt hebat

    ReplyDelete
  119. Pesan tambahan juga sih...

    Kalau yang namanya tukang selingkuh, biasanya ga akan puas sekali aja... walaupun bisa jadi ga, tapi ada kemungkinan besar dia melakukan hal yang sama alias selingkuh lagi..

    Bisa aja kan kalo dia nemu cewek yang lebih baik (di mata laki2 itu tentunya).. dan itu ga akan berhenti2.. karna kalau mau cari yg lebih lebih terus ga ada berhentiny dan ga akan puas sama yg ada yg disampingnya skr..

    Buat yg milih punya org lain.. siap2 diselingkuhin jg nantinya.. kalau ga mau rasain perihnya selingkuh mendingan mundur dr sekarang...

    Semangattt buat Mba yg tulis.. pasti ada kebahagiaan lain yg disiapin buat mba

    ReplyDelete
  120. Yg punya andil kesalahan terbesar sebenarnya kan suaminya

    ReplyDelete
  121. Masih dalam perjuangan
    Krn sy percaya kuasa Tuhan
    Saat nanti suami saya akn berubah
    Saya bertahan bukan hny utk ank2 dan klurga besar kami
    Tp terlebih krn janji perkawinan kami , kebetulan sy nasrani
    Qt hebat

    ReplyDelete
  122. jadi takut dan sedih bacanya, semoga aku dan suami bisa menjaga keutuhan rumah tangga kita. amin.....

    ReplyDelete
  123. Alhamdulillah banyak wanita super di muka bumi ini, semoga kuat ,sukses dan bahagia ya say....

    Saya pernah berada di posisi istri yg suaminya selingkuh,harus bayar hutang, di tipu habis habisan,hal paling menyakitkan ketika anak ke2 dia biarkan di adopsi orang lain...

    Kecewa,sedih,tapi tak ada niat untuk bunuhdiri...ada penyemangat yaitu anak pertama...

    Laki laki yg buruk untuk wanita yg buruk, laki laki baik untuk wanita yg baik...
    Alhamdulillah sekarang saya bahagia tanpa harus merebut kebahagian wanita lain...menikah dg single dari keluarga baik baik yg menerima anak saya...

    Keep semangat dan jangan lupa untuk bahagia ya say...

    ReplyDelete
  124. Salut banget sama Mbak ... God Bless you Mbake

    ReplyDelete
  125. Hi Mba yang Superb.... pengalaman mba membuat saya merinding. hal yang sama saya alami sekarang ini, dan berusaha dengan pimpinan Tuhan, untuk memperbaiki keadaan agar bisa kembali baik.
    Suami selingkuh deng rekan kerja yang sekantor dengan dia, tanpa ada rasa bersalah. menyalahkan saya dan mengatakan semua terjadi karena saya terlalu jahat sama suami. Padahal kenapa saya jahat, karena saya ingin menjaga suami saya agar tidak terjerumus ke hal2 yang akan merugikan dia nantinya....

    dari awal saya menemukan kejanggalan di Hp suami, saya langsung WA si wanita untuk menjauhi suami saya. Kemudian WA yang lain yang saya temukan, dan akhirnya saya harus ribut besar sampai saya pun harus di hajar habis2 an sama suami untuk bisa bersama perempuan itu.

    yang saya gak habis pikir, teman2 nya yang keliatan sangat alim, ternyata mendukung hubungan mereka. padahal mereka tau kalau suami saya masih belum cerai dengan saya.

    awal saya ketemu dan berani untuk memutuskan menikah dengan suami, karena saya yakin Tuhan akan memberkati suami dan saya juga nanti nya yang akan merasakan berkat yang di berikan Tuhan kepada suami.

    sampai saat saya menulis komen ini, masalah kami masih terus ada dan kami sudah harus berpisah di karenakan suami harus dipindah tugaskan di daerah kalimantan. suami masih suka komunikasi deng "mbak2 tsbt, juga sama temen deket mba2 tsbt, untuk menanyakan kabar atau di kabari sama teman2 nya....

    hari ini, saya mencoba untuk lebih rendah hati di hadapan Tuhan... memaafkan suami saya, memaafkan mbak2 dn teman2nya,
    Mungkin memang jalan Tuhan saya bisa membaca blog mba Ary, serta komen2 yang ada. setidaknya ada masukan buat saya bagaimana saya harus menghadapi masalah yang sama. dan saya tidak harus terpuruk di karenakan masih banyak juga yang mengahadapi masalah yang sama dengan saya juga.

    Saya percaya, jika saya masih bertahan untuk terus berada berdampingan dengan suami saya saat ini, itu semua karena ada rencana Tuhan yang lebih indah lagi yang kita tidak pernah tau.

    ReplyDelete
  126. Setuju banget sama mbakkk.. ak jg pernah digituin.. cm ak yg dituduh jd selingkuhannya.. istrinya chat ak.. trs ak blg aj ak ga ad hubungan ap".. dan ga pernah anggap suaminya someone special atau apalah.. kl mmg perlu ak block suaminya.. akhirny y istriny ngerti trs ak lsg blok aj suaminya.. pdhl ak dan suaminya hanya kenal sebatas di dalam game duank.. dan ak salut sm mbak dgn keputusan mbak.. soalny kl org ud sekali berbohong mahh tetep saja akan berbohong lg..

    Xoxo,
    Hyorin88
    Http://bluxygurl.blogspot.com

    ReplyDelete
  127. katanya selingkuh itu indah.buat saya itu neraka dunia...habis harta,hancur keluarga

    ReplyDelete
  128. Saya anak dari seorang ayah yg selingkuh, mama sy bertahan tdk mau dicerai sampai Tuhan panggil pulang. Ya, sy melihat kesedihan setiap hari, tapi sy melihat sosok tulus dlm diri mama saya,, dan wanita yang kuat yang bahkan mau membiayai adik tiri saya meski akhirnya si perempuan itu tidak mau menerima. Tapi adik tiri saya mencari saya terus, ntah kenapa saya belum bisa menerima. Hikz... Sakit rasanya. Skrg mama sudah punya pengganti, seseorang yg mjd teman di usia senjanya. Jd bikin grup lewat media apa nih? Salam sayang buat mba fighter...

    ReplyDelete
  129. Setuju banget mbak move on,gw juga pernah alamin yg nama nya di selingkuhin..eh selingkuhan nya kepo ma gw lagi haha,untung ud putusss gw ga mau sakit hati berkepanjangan sebagai wanita memang selingkuh sangat2 merugikan pihak wanita lain nya, lebih baik tingalkan aja. Dari pada sakit hati berkepanjangan.. Ga sehat buat jiwa..

    ReplyDelete
  130. Itu foto teraatas foto anda ato foto mbaknya?

    ReplyDelete
  131. Pengen nangis rasanya, baru 2 bln yg lalu saya mengetahui suami saya selingkuh, dan begitu mudahnya saya memberi kesempatan untuk kedua kalinya... Ya,ini yg kedua.. sama2 terjadi saat saya sedang hamil.. saya memikirkan anak2 yg masih kecil (4th & 4 bln)... Teganya suami beralasan cuma buang hajat syahwat, sementara si cewek termakan rayuan gombal suami, bahkan minta ketemuan bertiga utk menyelesaikan masalah. Intinya dia masih mengharapkan suami saya. Walopun sepertinya skr dia mundur, tp tetap sakit hati ini.. semoga suami saya diberi hidayah.. aamiin

    ReplyDelete
  132. I've been there too..Biasanya sih pasangan akan nyari kesalahan saya buat nutupin kesalahan nya..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚,saya gak boleh marah, gak boleh cemburu, gak boleh sakit hati,gak boleh sedih ... Tp harus tetap melayani nya kapan pun dia mau.... Robot kali πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  133. walaupun belum nikah, tapi aku pernah hampir nikah dengan mantan pacar yang telah berhubungan 9tahun, tapi semua kandas karna hadirnya orang ke3. aku pikir hidupku akan berakhir, ternyata sampai skrg aku masih bahagia dan sukses dalam karir. dan mengetahui bahwa mantan pacarku skrg sedang berada di posisi paling bawah dalam hidupnya, dan di si mbak yang merebut mantan saya meninggalkan dia. cuma satu kata "bersyukur"..

    ReplyDelete
  134. Mba..saya punya pengalaman yang sma..
    Walo pada akhirnya saya bercerai juga..
    Dari awal menikah mantan suami sya sudah menyelingkuhi sya..baru 5hari menikah...entah dmna salah saya...saya memaafkan...tobat paling lama 1thn kumat lg...smntra saya berusaha ingin punya anak..pengobatan sana sini..keguguran 2x..smpai akhirnya saya blg "kmu silahkan 'jajan' sana sini..saya capek..saya cm minta 2hal jgn memelihara dan jatuh cinta"

    Smpai tibanya saya hamil utk k3xnya saya harus pisah kota dgn mantan suami krn mantan suami berdinas d kalimantan pedalaman..saya harus stay d jkt berjuang utk kehamilan saya krn sma2 ingin memiliki anak...setelah anak saya lahir..usian kandungan 3bln saya menemukan bahwa mantan suami selingkuh dgn anak buahnya...dan sudah berjalan dr awal kehamilan saya...saat itu saya masih berjuang menyelamatkan pernikahan sya..smua usaha saya lakukan..krn saya mikirin anak perempuan saya yg masih usia 3bln ini...

    Saya berusaha namun saya gagal...mantan suami saya terang2an memilih wanita lain drpd saya...saya baru saja memberikan anak perempuan yg kami tunggu2 slama 3thn..waktu lahiran pun perjuangan besar buat saya krn saya eklamsi anak sya terpaksa lahir premature..saya d ICU anak saya d NICU..kami berdua berjuang smntra mantan suami saya lbh memilih dkt dengan wanitanya itu...

    D depan mata saya temui mereka..dan mantan saya lbh menganggap wanitanya itu lah yg pasangannya smntra saya hanya sampah..

    Saya tegas mengambil jalan utk berpisah..krn saya berfikir saya masih muda...walo kuliah saya smpat terhenti krn dia memaksa saya utk ikut k tmpt dinasnya..saya berjuang utk membesarkan anak sendiri...

    Saya share cerita ini krn saya ingin para 'mbak2' pengambil suami org bahwa merusak keluarga itu artinya merusak hidup org lain jg..banyak yg menjadi korban atas "percintaan" yg menjijikkan itu..

    Saya percaya...para 'mbak' pngambil suami akan merasakan apa yg kita rasakan..bila tidak d dunia d akherat nanti pasti akan ada balasannya...

    Tetap semangat yaah para korban 'mbak' yang tidak memiliki hati...

    ReplyDelete
  135. ini yang sedang saya alami sekarang. suami selingkuh dengan pekerja yg jaga toko saya. setelah ketauan pun mereka tetap melanjutkan hubungan mereka tanpa merasa bersalah. si wanita ini tidak pernah meminta maaf kepada saya. keuangan pun abis2an dibuat suami, semua dihabiskan untuk selingkuhannya, banyak hutang diluar. saya sudah ke pengadilan untuk konsultasi tentang perceraian, pengacara meminta saya untuk berpikir sekali lagi demi 2anak saya yang masih kecil. yang paling sakit pas saya tau dan liat fotonya kalau suami bawa selingkuhannya ke kamar aku untuk melakukan hubungan terlarang itu. sekarang saya sedang bimbang untuk cerai atau tidak. jujur, saya sudah capek, sudah terlalu sakit. tapi apa perceraian jalan terbaik? saya benar2 salut dengan wanita di luar sana yg berani untuk cerai dan memulai hidup baru. semoga saya juga bisa menemukan jawabannya, semoga saya bisa segera membuat keputusan.

    ReplyDelete
  136. Aku suka bgt tulisannya mbak..
    Bisa ngebuka mata orang2 yg mau jadi selingkuhan atau orang2 yg di selingkuhin..
    Karena sebenarnya setia itu yg mahal..

    ReplyDelete
  137. Hallo kak, first of all kakak hebat. I've never been in your situation tho, but I can imagine how hard it was and maybe if I were you I wouldn't be able to stand up after this. Being loved and to love someone are two greatest things that human can do, in contrary being betrayed by one is the most hurtful. From all of your story, I simply understand that your love deserves greater one than your ex husband had. You deserve better and I am so sure you will find one, yes you will.

    Sometimes I really don't understand them; both men and women, who perhaps have already known that someone they loved has already been husband/wife for the other. Yet they still take a step, they are simply cruel no matter what their excuses. You are simply great woman, keep looking forward to your happiness that you deserve, and you will be.

    Kindly, I thank you for your writting. Hope more people read this and understand the worst of being the 'selingkuhan'. Since, perhaps you understand, most of them never think that the way we get something maybe the way we will lose it someday. Dia dapatkannya dengan merebut suami orang, dia kadang tidak tahu kalo dia bisa saja kehilangan si suami yang di rebutnya itu dengan cara yang sama.

    Good luck for your journey ya kak, you will be fine, you will get what you deserved. GBU.

    ReplyDelete
  138. Saya sampe membaca ulang untuk coba lebh memahami lagi tapi tetap dengan pertanyaan yang sama : How could "si MBak" did this? .... lebih bagus lagi klo cerita ini di edit dan didisplay foto siMbak sekalian, bukan hanya sudah tercemar tapi biar sekalian juga terkenal hingga gak makin banyak diluar sana yang binal asal maksud nya tercapai walau tindakannya gak masuk akal. Enjoy your New Life!! Yes you can !!!! GBU. Salam simpati dari Anchorage, Alaska.

    ReplyDelete
  139. ga bs ngomong apa2..bnr2 luar biasa pengalaman mbak2 semua..say no to selingkuh,tukang selingkuh&selingkuhan!!
    kalo ada group ANTI SELINGKUH ajak2 ya mbak ;) makasih

    ReplyDelete
  140. Yuk.....aku siap gabung dgn konunitas anti perselingkuhan. Krn msh bnyk wanita2 diluar sana yg msh berniat utk ganggu rmh tangga org, dan msh bnyk pria beristri yg berniat ingin selingkuh pdhl jelas2 tlh berjanji suci dihadapan Tuhan dlm pernikahan

    ReplyDelete
  141. Kejadiannya sama seperti yg saya alami 3 tahun lalu, dimana sya mengetahui bahwa suami yg dari tahun 2004 kami menikah, berselingkuh.. Setelah beberapa bulan saya selidiki ternyata suami saya selingkuh dengan teman saya sendiri dan persrlungkuhan itu sudah hampir 1 tahun terjalin.. Hati hancur lebur rasanaya ditambah lagi tdk ada dukungan dr pihak keluarga n keluarga suami pun mendukung perselingkuhan itu karna kami pada saat itu blm di karunia anak.. Kadang saya berfikir apa mbak Y itu gk malu menyelingkuhi suami sahabatnya sendiri, padahal mbak Y tau betul bagai mana kami merintis usaha dari 0 bersama2 suami.. Setelah suami di puncak kesuksesan menghabiskan uang bersama si mbak Y dan setelah usaha yg kami rintis hancur betantakan suami datang kembali pada qu dgn hutang yg melilit dan berbagai masalah.. Saya mencoba memaafkan suami dan memulai kehidupan baru bersamanya.. Gk lama kemudian Tuhan memberikan kami seorang anak yg sekia lama kami rindukan dan skr cerita duka itu berbuah manis dan kami memulai usaha dr 0 bersama lg.. Di balik sebua peristiwa pasti ada hiknahnya n Tuhan pasti lebih tau jln mana yg terbaik untuk kita..

    ReplyDelete
  142. I'm so a proud with you sis, pisah kita sama bedanya aku memiliki penyemangat hidup seorang putra darinya. Yg kini di pengasuhanku. Tapi percaya bahagia sejati akan segera datang di hidupmu

    ReplyDelete
  143. dear mba, saya laki2 yang membaca blog anda ini. saya sudah menikah dan memiliki 1 orang anak perempuan. saya juga punya cerita perselingkuhan antara teman kampus saya dan dosen di kampus kami. si dosen berusia sekitar 33 tahun telah menikah dan memeiliki 2 orang anak, dia juga seorang pengusaha yang cukup perlente dan pandai merayu. teman saya yang akhirnya jadi selingkuhannya berusia 12 tahun lebih muda dari si dosen, mereka juga berbeda kepercayaan. awalnya teman saya menyembunyikan ini dari saya, setelah saya coba bicara akhirnya dia ceritakan hubungan mereka. mulai dari awalnya tatap muka dikelas, lalu si dosen membuat grup line mata kuliah, lalu mulai menggombal di line chat, dan teman saya ini akhirnya merasa tidak enak untuk menolak permintaan permintaan si dosen ini, mulai dari diantar pulang ke rumahnya setiap selesai jam kuliah, memblok nomor mantan pacar teman saya dan laki laki lain yang dekat dengan teman saya, sampai mengganti nomor dan handphone yang diberikan oleh si dosen supaya teman saya hanya menggantungkan diri kepada si dosen. teman saya bilang beberapa kali pernah diajak pergi jalan sampai suatu kesempatan diajak keluar kota. setelah beberapa bulan hubungan mereka saya tanya kepada teman saya mau dibawa sampai mana hubungan seperti itu? dia hanya jawab tidak tahu, selalu setiap saya tanya hanya jawab tidak tahu, tapi terlihat saat di telepon dan chat teman saya sangat senang dam menikmatinya. teman saya bilang dia dan si dosen sama sama merasa nyaman dengan kondisi yang sekarang, dia juga bilang si dosen dengannya membuat sebuah komitmen sang menurut saya cukup bodoh untuk membuat komitmen dengan suami orang hanya karena rasa iba. belakangan saya ketahui mereka berlibur keluar kota untuk waktu yang cukup lama dan teman saya sudah jarang aktif digrup kampus juga sosial medianya. meski semester ini saya kembali harus mengambil kelas dosen tersebut dan masih dengan teman saya ini.

    yang saya tidak habis pikir, bagaimana bisa seorang suami melupakan istri dan anak anaknya hanya untuk mendapatkan kesenangan semu, dan teman saya bilang jika si dosen ini memiliki ketertarikan yang lain dengan teman saya yang tidak dia dapat di mahasiswi lain. Teman saya dipinjamkan buku tentang agama oleh dosen saya, melihat hal ini buat saya hanya ada satu alasan seorang pria berselingkuh dengan wanita lain, sex. Saya kasihan melihat teman saya, sahabat saya memiliki hidup yang palsu, hidup yang harus dia tutup tutupi kemana dia pergi. dia pernah bilang saat saya tanya apakah dia mau menikah dengan si dosen apabila dosen itu menceraikan istrinya, dia bilang tidak, karena dia akan di cap sebagai wanita perusak rumah tangga orang, namun kenyataannya sampai sekarang teman saya masih menikmati hubungan itu dan semakin jauh.

    semoga saya sebagai laki laki bisa tetap menjaga istri dan anak gadis saya hanya untuk saya, dan saya hanya untuk mereka.

    terimakasih mba, tetap selalu berhati kuat. dunia mungkin tidak adil terhadap kita, namun percayalah Tuhan itu maha adil.

    ReplyDelete
  144. Hello , so proud of you ❤️
    Semoga Allah selalu menguatkan anda .

    ReplyDelete

Search This Blog